Comscore Tracker

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Coba

Bikin makin nafsu makan, deh

Nasi merupakan komoditas pangan utama bagi masyarakat di Indonesia. Hampir semua orang mengonsumsi nasi sehari-harinya dan hal tersebut menjadi prioritas bagi setiap orangnya. Sama halnya dengan aktivitas menanak nasi yang tentunya rutin dilakukan. Namun, seringkali banyak orang yang mengeluhkan hasil nasi yang cenderung tak pulen dan tak enak setelah ditanak.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips menanak nasi agar pulen dan lezat, berikut lima daftarnya. 

1. Pilih beras yang berkualitas

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Cobamedicalnewstoday.com

Hal utama dan pertama yang harus kamu persiapkan adalah beras. Pilihlah beras dengan kualitas baik karena nantinya hasil jadinya akan jauh lebih pulen. Beras dengan kualitas baik tak melulu harus memiliki harga selangit, namun setidaknya kualitasnya dapat memperbaiki sensasi santapmu setiap harinya. 

2. Tambahkan air sesuai karakter beras

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Cobathespruceeats.com

Pada proses penanakan nasi, disarankan untukmu dalam menambahkan air sesuai dengan karakteristik dari beras. Secara umum banyak orang yang menambahkan air berdasarkan ruas jari agar tak kebanyakan, namun tak juga kekurangan. Meski begitu, beberapa jenis beras ada yang memiliki karakteristiknya tersendiri dalam penambahan air sehingga perlu kamu ketahui sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Jenis Beras Mancanegara yang Populer Dikonsumsi oleh Dunia, Pulen!

3. Jangan menanak nasi terlalu banyak

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Cobasimplyrecipes.com

Untuk satu kali menanak nasi dengan menggunakan rice cooker, disarankan untuk tidak menambahkan terlalu banyak beras. Kadang kala banyaknya air perlu dipertimbangkan, sementara bila terlalu banyak beras justru akan membuat hasilnya tak merata. Tanak lah nasi secukupnya dan apabila kamu harus memasak dalam jumlah banyak, kamu dapat melakukannya lebih dari sekali. 

4. Tambahkan bahan pelengkap saat menanak nasi

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Cobabiggerbolderbaking.com

Hal yang satu ini bersifat opsional, namun tak ada salahnya apabila kamu tertarik untuk mencobanya. Cara ini adalah dengan menambahkan beberapa bahan ke dalam beras selama di tanak, sebut saja seperti daun pandan, bawang merah, serai, dan lain sebagainya untuk menambah cita rasa dan aroma pada nasi.

Kamu juga bisa menambahkan mentega agar hasilnya lebih gurih dan lembut, namun tambahkan pada saat nasi telah matang dan masih panas. 

5. Biasakan mengaduk nasi

5 Tips Menanak Nasi yang Tepat agar Hasilnya Pulen dan Lezat, Yuk Cobapressurecookrecipes.com

Biasanya nasi memiliki kandungan air di dalamnya yang harus kamu ratakan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, mengaduk nasi adalah pilihan terbaik yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat mengaduk nasi pada saat kondisinya setengah matang ataupun sudah matang.

Nah, beberapa tips menanak nasi di atas dapat kamu coba praktikan di rumah agar hasil nasi yang diperoleh lebih lembut dan lezat. Tertarik mencoba? 

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya