Comscore Tracker

4 Makanan Khas Aceh Ini Hanya Bisa Ditemui di Wilayah Asalnya

Yuk, mampir!

Mungkin kamu sudah sering mendengar makanan asal Aceh seperti mi aceh, kuah pliek, timphan, atau kue adee. Makanan Aceh ini mudah ditemui di mana saja. Bukan hanya di daerah Aceh itu sendiri, tetapi juga di luar Aceh.

Namun, ada makanan Aceh yang susah ditemui di tempat lain, lo. Makanan-makanan ini hanya terdapat di daerah asalnya saja. Anehnya lagi, jika makanan ini dijual dan diolah di luar daerah asalnya, rasanya jadi beda dan kurang gereget. Penasaran, 'kan? Yuk, simak!

1. Mi pangsit asal Bireuen

4 Makanan Khas Aceh Ini Hanya Bisa Ditemui di Wilayah AsalnyaInstagram.com/miepangsit_a2n

Mi pangsit asal Bireuen ini terkenal berbeda dengan yang dijual di daerah lain. Selain rasanya yang gurih dan sedap, kuah beningnya yang khas juga menjadi primadona bagi penikmatnya. Selain itu, sambal cabainya khusus dibuat dengan tekstur yang tidak kental, namun rasanya nendang!  

Untuk satu porsi mi pangsit Bireuen, kamu cukup merogoh kocek Rp6 ribu saja. Cukup murah, 'kan? Mi pangsit Bireuen biasanya dijual di warung-warung Aceh dan hanya dijual di pagi dan sore hari. 

2. Mi kocok asal Geurugok

4 Makanan Khas Aceh Ini Hanya Bisa Ditemui di Wilayah AsalnyaInstagram.com/afriza8911

Geurugok masih satu wilayah dengan Kabupaten Bireuen. Salah satu makanan khasnya, yaitu mi kocok yang sudah terkenal enaknya dari masa ke masa. Bahkan, banyak pembeli yang ragu membeli mi kocok di luar daerah asalnya.

Dari rasa kuahnya yang sedap dengan tambahan ayam gorengnya, selalu bikin rindu untuk mencicipinya setiap kali berkunjung ke Geurugok. Satu porsi mi kocok biasa dijual Rp12-15 ribu. 

Baca Juga: 5 Kedai Mie Aceh di Bogor yang Wajib Kamu Coba, Maknyus!

3. Bakso gatok asal Kutablang

4 Makanan Khas Aceh Ini Hanya Bisa Ditemui di Wilayah AsalnyaInstagram.com/Fachrurazy_muhammad_9

Perbedaan mencolok bakso gatok dari Kutablang dengan bakso lainnya adalah rasa kuah baksonya yang lebih mirip kuah soto, namun warnanya lebih gelap. Selain itu, kamu juga bisa menyeruput nikmatnya tulang gatok sapi yang terkenal sedap. Wah, jadi ngiler, ya. 

Satu porsi bakso gatok dihargai Rp12-15 ribu tergantung tulang gatok yang kamu pesan. Lokasi penjualnya juga mudah ditemui, yaitu sepanjang Jalan Medan-Banda Aceh. Kamu bisa melihat deretan warung yang menjual bakso gatok. 

4. Kue adee leumik asal Kembang Tanjong

4 Makanan Khas Aceh Ini Hanya Bisa Ditemui di Wilayah Asalnyainstagram.com/novi_atmagara

Di Aceh, sebenarnya ada lagi kue adee dari Mereudu yang biasa disebut adee kak nah. Namun, yang kali ini beda. Adee leumik rasanya lebih unik dengan teksturnya yang lembek. Warnanya yang oranye juga cukup menggoda. Sekali gigit, dijamin kamu akan ketagihan untuk mencobanya lagi. 

Satu porsi adee leumik biasanya dijual Rp10-15 ribu sesuai jumlah isi di dalamnya. Untuk makanan khas yang satu ini, kamu harus memesannya terlebih dahulu untuk bisa menikmatinya.

Karena banyaknya penikmat, adee leumik sering kehabisan stok. Namun, tenang saja, di bulan puasa, adee leumik begitu mudah ditemui di warung-warung Kembang Tanjong.

Dari keempat makanan Aceh di atas, kira-kira kamu sudah mencoba yang mana? Makanan ini gak sama rasanya jika membelinya di luar daerah tersebut, lo!

Baca Juga: 5 Kedai Mie Aceh di Bogor yang Wajib Kamu Coba dan Kunjungi

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Just For You