Comscore Tracker

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepang

Waduh, ternyata...

Masakan Jepang merupakan salah satu makanan internasional yang terkenal di Indonesia. Banyak orang menyukai berbagai masakan Jepang seperti sushi, udon, karage, dan onigiri. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai restoran Jepang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meski makanan Jepang begitu terkenal, ternyata hanya sedikit yang mengetahui etika atau cara memakannya. Kamu sudah tahu belum? Dilansir dari The Jakarta Post, ini dia beberapa kesalahan orang Indonesia yang sering dilakukan ketika menyantap makanan Jepang!

1. Meletakkan wasabi ke dalam kecap.

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepangpixabay.com/juangallardosevilla

Banyak sekali orang Indonesia yang mencampurkan wasabi dengan kecap. Hal ini merupakan cara makan wasabi yang salah. Seharusnya kamu mencelupkan sushi, sashimi, atau nigiri langsung ke kecap tanpa wasabi. Jika kamu ingin menambahkan wasabi, langsung oleskan saja ke atas makananmu!

2. Menggosok sumpit satu sama lain.

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepangpixabay.com/stocksnap

Beberapa orang beranggapan bahwa hal ini dilakukan untuk menghilangkan serpihan kayu di sumpit. Namun, bukannya menghilangkan serpihan kayu, kamu malah bisa menyinggung perasaan pemilik atau pekerja restoran tersebut. Menggosok seperti itu menandakan bahwa sumpit di restoran itu memiliki kualitas yang jelek. Jadi daripada kamu menggosoknya bersamaan, lebih baik minta sumpit yang baru saja!

Baca juga: 10 Makanan Jepang yang Paling Populer di Indonesia

3. Mengoper makanan menggunakan sumpit.

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepangunsplash.com/Foodie Factor

Membagi makanan tentu menjadi kebiasaan lumrah saat menyantap masakan Jepang. Tapi, jangan pernah mengoper makanan itu menggunakan sumpit ya! Bagi orang Jepang, mengoper makanan dengan sumpit sama halnya seperti ritual mengoper tulang kremasi di pemakamam. Kalau memang ingin berbagi makanan, lebih baik kamu letakkan di piring kecil dan operlah piring tersebut.

4. Meletakkan acar jahe di sushi.

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepangpinterest.com

Orang Indonesia sangat menyukai acar. Di tradisi lokal kita, menyantap makanan dengan acar tentu bukan jadi masalah. Untuk makanan Jepang, acar bukan disantap bersama dengan sushi atau makanan lain. Acar digunakan sebagai makanan pembersih rasa di lidah. Biasanya acar disantap saat menunggu sajian berikutnya.

5. Memakan makanan sesuai keinginan.

5 Kesalahan Orang Indonesia Saat Makan Masakan Jepangpixabay.com/DesignNPrint

Memakan makanan sesuai selera dan berdasarkan apa yang disuka dilakukan banyak orang. Hal ini sebenarnya tidak berlaku saat kamu menyantap sushi. Etika yang benar adalah kamu harus memulai dengan hidangan sushi yang ringan dan berwarna cerah. Lalu dilanjutkan dengan sushi berwarna lebih gelap dan kaya rasa. Dengan begitu kamu akan dianggap lebih menghargai cita rasa masing-masing jenis makanan.

Begitulah 5 kesalahan yang sering dilakukan orang Indonesia saat menyantap makanan Jepang. Kalau kamu di Indonesia, pasti tak akan ada yang mempedulikan bagaimana cara makanmu. Namun, sebaiknya kamu ikuti etika makan hidangan Jepang ini jika kamu berkunjung ke Negeri Sakura tersebut!

Baca juga: Jangan Salah Sebut! 7 Makanan Jepang ini Punya Unsur "Don"

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya