Comscore Tracker

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan Pisang

Cocok untuk dijadikan cemilan saat waktu bersantai #LokalIDN

Jika berkunjung ke Jepara, jangan lewatkan untuk mencicipi kue tradisional yang satu ini. Namanya adalah kue moto belong, yang menjadi kue khas kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tampilannya yang unik.

Kue moto belong sendiri terbuat dari bahan dasar singkong, dengan campuran kelapa muda, dan pisang tanduk. Kue ini biasanya jumpai di pasar tradisional dengan harga yang cukup murah. Namun, kalau kamu pengin bikin sendiri juga bisa, lho. Pengin tahu caranya?

Mari simak resep kue moto belong khas Jepara berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue moto belong

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan PisangFoto pisang tanduk sebagai bahan utama kue moto belong (Instagram.com/nds_pictures)

Bahan-bahan:

  • 1.200 gr singkong, parut
  • 1 butir kelapa muda, parut
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 4 buah pisang tanduk
  • Daun pisang
  • Pewarna makanan

2. Campur bahan-bahan untuk membuat kue moto belong

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan PisangIlustrasi mencampurkan adonan kue moto belong (Pixabay.com/webandi)

Langkah pertama, campurkan singkong dengan 1/2 kelapa muda yang sudah diparut. Kemudian masukkan gula pasir, vanili, dan garam.

Setelah tercampur merata, bagi adonan menjadi 2 bagian dan beri masing-masing perwarna yang berbeda. Aduk kembali agar warna tercampur hingga merata.

Baca Juga: Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya Lembut

3. Bentuk adonan kue moto belong

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan PisangIlustrasi membentuk adonan kue moto belong (Pixabay.com/congerdesign)

Untuk membentuk adonan, gunakan selembar daun pisang sebagai alas. Kemudian, letakkan 1/2 bagian adonan merah dan sisanya 1/2 untuk adonan hijau, lalu pipihkan.

4. Bungkus adonan dengan daun pisang

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan PisangIlustrasi membungkus adonan kue moto belong (Instagram.com/erinleejoie)

Selanjutnya, ambil pisang tanduk yang sudah dikukus, kemudian letakkan di tengahnya. Bentuk hingga menjadi lingkaran utuh, kemudian gulung daun pisang hingga membungkus keseluruhan adonan.

Setelah itu, tusukkan lidi supaya adonan tetap tertutup oleh daun. Lakukan hingga adonan habis.

5. Kukus adonan dan sajikan ketika sudah matang

Resep Kue Moto Belong Khas Jepara, Sajian dari Singkong dan PisangFoto kue moto belong khas Jepara (Instagram.com/fitriapramuditiya)

Terakhir, kukus adonan dengan api besar selama sekitar satu jam. Setelah matang, lalu angkat dan dinginkan. Kemudian, potong kue dan beri taburan kelapa muda parut. Kue moto belong pun siap disajikan.

Cara buatnya gampang, bukan? Meskipun bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, namun rasa kue ini tidak perlu kamu ragukan karena dijamin bakal bikin kamu ketagihan, deh. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Resep Kue Mendut Khas Jogja, Kue Basah nan Lumer di Mulut

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya