Comscore Tracker

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat Badan

Cocok untuk penyegar dahaga saat cuaca panas

Jika kamu berkunjung ke Pulau Madura, jangan lupa untuk mencoba minuman yang satu ini. Ya, namanya adalah kobbhu yang merupakan warisan turun temurun dari daerah Bangkalan, Madura. Hidangan ini cukup unik karena menyerupai wedang jahe. 

Selain dinikmati saat dingin, minuman kobbhu juga bisa dinikmati dalam keadaan hangat. Kobbhu juga memiliki aroma serai yang khas dan memberi sensasi rempah ketika diminum. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut ini resep cara membuatnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat Badanilustrasi bahan es kobbhu (Instagram.com/benature.indo)

Bahan-bahan:

  • 750 ml air kelapa muda
  • 100 gram gula aren
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 batang serai di geprek
  • 50 gram jahe di geprek
  • 2 lembar daun pandan
  • Daging kelapa muda
  • Cincau atau cao

2. Campurkan semua bahan dan masak hingga mendidih

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat Badanilustrasi merebus bahan es kobbhu (Instagram.com/h.e.r.l.i.n.a.c.s)

Langkah yang pertama yaitu siapkan semua bahan, kemudian masukkan air kelapa muda, gula aren, batang serai, jahe, daun pandan, dan gula pasir ke dalam panci. Masak sampai gula aren mencair dan air mendidih.

Selanjutnya koreksi rasanya, jika kurang manis bisa ditambahkan gula. Setelah itu, tunggu beberapa saat, baru kemudian matikan kompor.

3. Saring air rebusan bahan-bahan

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat BadanIlustrasi menyaring air rebusan (dok.pribadi/cookped.com)

Langkah selanjutnya, setelah semua bahan direbus, kemudian saring dan buang ampas gula arennya saja. Untuk jahe, daun salam, dan batang serainya tetap biarkan dalam air rebusan. Tunggu sampai cairan gula arennya dingin.

Baca Juga: Resep Nasi Serpang Khas Madura, Kuliner  Spesial yang Lezat

4. Menyiapkan bahan penyajian

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat BadanIlustrasi menyiapkan campuran es kobbhu (Instagram.com/grandmercuresurabayacity)

Berikutnya, siapkan bahan penyajian yaitu cairan gula aren, daging kelapa muda, dan cincau. Siapkan juga wadah atau gelas untuk tempat penyajian.

5. Sajikan wedang kobbuh

Resep Wedang Kobbhu Khas Madura, Minuman Manis Penghangat BadanFoto es kobbhu khas Madura (dok.pribadi/cookpad.com)

Untuk penyajian kobbhu, pertama campur kelapa muda, dan cincau ke dalam gelas. Kemudian, tuang cairan gula aren dan kobbhu pun siap untuk disajikan. Kamu juga bisa menambahkan es untuk sajian yang lebih segar. 

Dengan rasa gula aren dan campuran rempah-rempah, membuat sensasi segar saat menyantapnya. Sangat cocok bila disantap siang hari saat cuaca panas.

Nah, itu dia resep kobbhu yang bisa kamu coba dirumah saat musim pandemik seperti sekarang ini. Selain menyegarkan, juga menyehatkan, lho! Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Madura yang Lezatnya Menggoda, Wajib Coba!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya