Comscore Tracker

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Banget

Kolak mutiara terasa nyaman diperut

Kolak sagu mutiara jadi salah satu makanan penghangat badan yang bisa kamu jadikan pilihan. Umumnya, makanan ini biasa disajikan saat Ramadan sebagai menu buka puasa. Namun, di luar bulan Ramadan kamu tetap bisa menyajikannya, kok.

Hangatnya kolak mutiara dengan kuah santan tentu bikin siapa saja rindu. Vibes-nya bak bulan Ramadan, berikut resep membuat kolak mutiara yang hangatnya rilekskan tubuh. Langsung kenyang!

1. Bahan-bahan untuk membuat kolak mutiara

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Bangetilustrasi santan untuk bahan dasar membuat kolak mutiara (vecteezy.com/river_izki)

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus sagu mutiara
  • 1500 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 bungkus santan instan

2. Didihkan air, lalu masukkan sagu mutiara dan daun pandan

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Bangetilustrasi merebus sagu mutiara (yummy.co.id/Tine Wahyudi)

Tuangkan air secukupnya ke dalam panci. Jika sudah, letakkan panci berisi air di atas kompor. Kemudian, nyalakan kompor di api sedang, lalu masak air sampai mendidih.

Setelah air mendidih, segera masukkan daun pandan dan sagu mutiara. Kemudian, masak sagu mutiara selama 5 menit dalam keadaan panci tertutup.

3. Rebus sagu mutiara sampai matang dan bening

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Bangetilustrasi hasil sagu mutiara yang telah matang bening (yummy.co.id/Tine Wahyudi)

Setelah dimasak selama 5 menit, segera matikan api. Biarkan sagu mutiara di dalam panci tertutup selama 30 menit. Sesudah itu, nyalakan kompor kembali dan masak sagu mutiara selama 7 menit hingga bening.

Jika dirasa sagu mutiara sudah matang dengan ciri khasnya bening, kecilkan api, lalu tambahkan gula merah dan garam. Jangan lupa untuk diaduk rata menggunakan spatula, ya.

Baca Juga: Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammy

4. Tuang santan ke dalam sagu mutiara

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Bangetilustrasi menambahkan santan ke dalam rebusan sagu mutiara (yummy.co.id/Agie Rianda)

Sesudah menambahkan gula serta garam, lanjutkan memasak sampai gula larut. Jika gula telah larut, segera masukkan santan, lalu masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih.

Hal ini dilakukan upaya santan tidak pecah dan tidak merusak cita ras santan. Nah, apabila santan dirasa telah mendidih, segara matikan api. Biarkan uap panas pada kolak mutiara mengurai.

5. Kolak mutiara siap untuk disajikan

Resep Membuat Kolak Mutiara, Penghilang Lapar yang Legit Bangetkolak mutiara (instagram.com/lestarisahidin)

Barulah, kolak mutiara siap untuk kamu sajikan selagi hangat. Perpaduan antara tekstur kenyal, manis, dan gurih dari kolak mutiara dijamin bikin nagih.

Kolak mutiara paling dinikmati sebagai minuman penghangat badan. Selain bikin hangat badan, juga menimbulkan sensasi mengenyangkan.

Kalau kamu menginginkan sajian kolak yang lebih berporsi, kolak mutiara ini bisa ditambahkan dengan isian menurut selera. Dijamin makin nikmat, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kolak Nangka Pisang, Hangatnya Bikin Kangen Ramadan

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya