Comscore Tracker

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedap

Kelezatannya bikin kamu boros nasi!

Salah satu olahan telur paling dikenal adalah telur ceplok. Cara membuat telur ceplok sangat mudah, karena kamu cukup menggoreng telur, lalu diberi beberapa bumbu, seperti garam atau lada, sesuai selera. Setelah itu, telur ceplok sudah siap dijadikan lauk.

Namun, kalau merasa bosan dengan telur ceplok yang polos, kamu bisa mengkreasikannya dengan bumbu pedas manis. Cita rasanya menjadi naik kelas, nafsu makan pun makin meningkat.

Penyelamat di kala lapar melanda, berikut resep telur ceplok pedas manis yang sederhana tapi rasanya spesial banget. Dinikmati dengan nasi putih hangat makin maknyus!

1. Bahan-bahan memasak telur ceplok pedas manis

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedapilustrasi telur ayam (pixabay.com/stevepb)

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur ayam
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 buah bawang bombai
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang
  • air secukupnya

2. Cincang bumbu untuk masak telur ceplok

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedapilustrasi mencincang bawang putih dan bawang bombay (freepik.com/wirestock)

Dibutuhkan bahan, seperti tomat, bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang, dalam membuat telur ceplok pedas manis. Cuci terlebih dulu, lalu cincang semua bahan bumbu sampai selesai, kecuali daun bawang.

Setelah itu, sisihkan hasil cincangan bumbu, lalu iris-iris daun bawang. Kemudian, goreng telur di dalam wajan berisi minyak panas, lalu beri sedikit garam. Biarkan telur ceplok matang merata.

3. Tumis bumbu sampai harum dan matang

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedapilustrasi menumis bumbu (pixabay.com/MYCCF)

Setelah matang, angkat dan tiriskan telur ceplok. Kemudian, goreng telur ceplok sampai matang merata. Kalau sudah, barulah menumis bumbu.

Selanjutnya, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum serta matang. Kemudian, masukkan irisan tomat ke dalam tumisan, lalu aduk sampai matang sambil ditekan-tekan supaya tomatnya hancur.

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Telur Ceplok ala Devina Hermawan, Simpel tapi Nagih!

4. Masak telur ceplok pedas manis sampai matang

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedapilustrasi memasak telur ceplok pedas manis (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bila tomat telah matang, segera tuang air secukupnya. Jika sudah, masak kembali sampai mendidih. Kemudian, bumbui kecap inggris, saus tiram, saus tomat, kecap manis, merica bubuk, garam, dan gula pasir.

Selanjutnya, aduk bumbu sampai tercampur rata, lalu jangan lupa koreksi rasa. Jika sudah sesuai, segera masukkan telur ceplok dan irisan daun bawang. Aduk-aduk, lalu masak sampai daun bawang layu.

5. Telur ceplok pedas manis siap untuk disajikan

Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedaptelur ceplok saus inggris (yummy.co.id/laily puspitasari)

Jika dirasa sudah matang, segera matikan api, lalu angkat dan tiriskan. Telur ceplok pedas manis siap untuk disajikan sebagai lauk makan keluarga.

Bercita rasa pedas dan manis, kreasi telur ceplok ini dijamin bikin boros nasi. Kamu bisa banget menghidangkan sajian telur ceplok pedas manis sebagai menu makan siang.

Nah, supaya lauk makan olahan telur buatanmu makin sedap, kamu bisa menikmatinya dengan nasi putih hangat. Telur ceplok pedas manis bisa jadi salah satu sajian yang cocok kamu jadikan referensi menu makan sehari-hari. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Telur Ceplok Kecap, Menu Simpel yang Gak Bikin Kantong Jebol

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya