Comscore Tracker

Resep Kerupuk Lemak Babi, Lauk Pendamping Setiap Masakan

Teksturnya kenyal dan garing

Ada beberapa bagian babi yang bisa diolah menjadi kerupuk, salah satunya lemak babi. Dibanding kerupuk kulit babi, tekstur kerupuk lemak babi lebih kenyal dan garing.

Kerupuk lemak babi juga biasa menjadi menu pendamping masakan babi guling. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat kerupuk lemak babi di rumah, yuk intip resepnya berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kerupuk Lemak Babi, Lauk Pendamping Setiap Masakannutritionadvance.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk lemak babi dibagi menjadi dua bagian, yakni bahan utama dan bahan utama. Berikut bahan-bahannya.

Bahan utama:
- 1 kg lemak babi
- 200 gram tepung beras
- air secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu:
- 8 siung bawang putih
- 2 ruas kunyit
- 2 ruas lengkuas
- saus tomat secukupnya
- saus sambal secukupnya
- garam secukupnya
- penyedap rasa secukupnya

2. Blender bumbu rempah dan rebus lemak babi

Resep Kerupuk Lemak Babi, Lauk Pendamping Setiap Masakanyoutube.com/BERBURU MAKAN

Setelah bahan-bahan yang diperlukan lengkap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah blender bawang putih, kunyit, dan lengkuas hingga halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air, lalu blender kembali hingga halus. Sisihkan.

Selanjutnya, didihkan air di panci, lalu rebus lemak babi hingga matang. Setelah lemak matang, angkat, tiriskan, lalu potong tipis-tipis.

Baca Juga: Resep Bakwan Goreng Babi Udang yang Gurihnya Bikin Ketagihan

3. Campur lemak babi dengan bumbu dan goreng hingga krispi

Resep Kerupuk Lemak Babi, Lauk Pendamping Setiap Masakanyoutube.com/BERBURU MAKAN

Langkah selanjutnya, siapkan wadah, masukkan lemak yang sudah dipotong-potong, dan campur dengan bumbu halus. Tambahkan juga saus tomat, saus sambal, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk menggunakan tangan hingga semua tercampur rata.

Setelah itu, masukkan tepung beras, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan sedikit air agar bumbu dan tepung beras mudah merata dan melapisi semua lemak babi.

Panaskan minyak goreng yang cukup banyak, goreng lemak babi hingga matang, garing, dan krispi. Kerupuk lemak babi pun siap disajikan.

Nah, itulah resep dan cara membuat kerupuk lemak babi yang enak. Rasanya gurih banget, bisa jadi lauk pendamping semua masakan, nih.

Baca Juga: Resep Rambak Babi dan Cara Membuatnya biar Gurihnya Nendang 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya