Comscore Tracker

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih 

Isian abon melimpah banget!

Bolu gulung identik dengan cita rasa manis. Bila kamu bosan dengan yang manis-manis, tak ada salahnya untuk mencoba bolu gulung dengan rasa berbeda. Salah satunya adalah bolu gulung abon.

Bolu ini punya rasa yang gurih sehingga cocok digunakan sebagai camilan bersama keluarga maupun disajikan saat acara spesial. Tak menutup kemungkinan bisa kamu jadikan ide usaha juga, lho.

1. Bahan membuat bolu gulung abon 

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih ilustrasi bahan untuk membuat bolu. (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Bahan utama:

  • 3 butir telur, tidak dipisah putih dan kuningnya
  • 3 butir kuning telur
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram margarin, lelehkan
  • 30 gram unsalted butter, lelehkan
  • 40 gram gula pasir
  • 10 gram susu bubuk
  • 1/2 sdm air
  • 1/2 sdm emulsifier
  • 1/4 sdt baking powder

Bahan isian bolu gulung abon:

  • 50 gram mayones
  • 1 sdm susu kental manis
  • abon sapi secukupnya

Bahan taburan bolu gulung abon:

  • 1 buah cabai merah besar, buang isinya dan iris kecil 
  • 2 batang daun bawang iris tipis
  • wijen secukupnya

2. Siapkan loyang dan panaskan oven 

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih ilustrasi seseorang meletakkan kertas roti ke dalam loyang. (loveandoliveoil.com)

Ambil loyang ukuran 22x22, lalu olesi dengan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya. Alasi loyang dengan kertas roti. Supaya menghasilkan bolu yang mulus saat kertas roti di lepas nanti, kamu bisa mengoleskan margarin lagi di atasnya.  

Cek lagi seluruh permukaan kertas rotimu sudah benar-benar rata atau belum. Kemudian, panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celcius. Ini harus kamu lakukan agar memperoleh bolu yang matang sempurna tanpa gosong sedikit pun.

3. Buat adonan bolu gulung terlebih dahulu 

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih ilustrasi mencampur adonan menggunakan mixer. (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Siapkan wadah, masukkan telur, emulsifier, gula pasir, dan air. Kocok dengan mikser hingga mengembang di tandai dengan adonan berwarna putih dan berjejak. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, serta baking powder. Kamu bisa mengaduknya tanpa spatula.

Namun, bila kamu mengaduk menggundakan mikser, pastikan dengan kecepatan rendah, ya. Setelah semua tercampur rata, tuang margarin serta unsalted butter yang sudah dilelehkan. Campur menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.

Baca Juga: Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!

4. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu panggang

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih ilustrasi bolu gulung abon siap dipanggang. (instagram.com/linda_fernando)

Siapkan loyang, lalu tuang adonan ke dalamnya. Ratakan adonan bolu hingga terlebih dahulu. Jangan sampai ada bagian yang kosong karena akan berpengaruh pada hasil akhir bolu.

Bila sudah rata, taburi adonan dengan irisan bawang daun, cabai, dan wijen. Sebar dengan merata taburan tersebut agar menghasilkan motif yang cantik ketika matang nanti.

Setelah itu, panggang bolu dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15 menit atau bisa disesuaikan dengan oven masing-masing. Keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin dalam suhu ruang.

5. Beri isian dan bolu gulung abon siap disajikan 

Resep Bolu Gulung Abon, Lembut dan Gurihnya Bikin Nagih Bolu gulung abon yang sudah dipotong-potong. (yummyeasycooking.com)

Setelah dingin, balik bolu dengan posisi bagian yang ada taburannya di bagian bawah. Buat dulu olesannya dengan mencampurkan mayones dan susu kental manis. Jika semuanya sudah, oles seluruh permukaan bolu, lalu taburkan abon sapi di atasnya.

Padatkan dan mulai gulung bolu secara perlahan. Tenang, bolu ini kokoh jadi tak akan patah atau sobek ketika digulung. Selanjutnya, tinggal kamu potong-potong, deh. Bolu gulung abon siap disajikan.

Bolu gulung abon ini punya tekstur lembut dengan cita rasa yang gurih. Kamu wajib banget untuk langsung mencobanya di rumah. Hari ini langsung praktik aja, yuk!

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Panggang ala Rumahan, Gak Butuh Mixer!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya