Comscore Tracker

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!

Biar gak mubazir nih!

Biasanya kita selalu menyediakan makanan ringan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah kita. Tak jarang biskuit menjadi salah satu andalan untuk menjamu tamu. Tetapi, sayangnya biskuit tersebut tidak selalu habis. Bahkan selalu ada sisa dan akhirnya dibuang begitu saja.

Daripada dibuang, akan lebih baik kalau biskuit tersebut diolah menjadi camilan yang lebih enak dan disukai banyak orang. Salah satunya adalah bola-bola coklat. Selain dapat menggunakan bahan yang sederhana dan mudah, resep ini juga memanfaatkan sisa-sisa biskuit. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!unsplash.com/@charissek
  • Sisa-sisa biskuit 
  • ½ bungkus mentega
  • 200 ml susu kental manis cokelat
  • 1 bungkus meses
  • Keju secukupnya

2. Remukkan semua sisa biskuit

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!instagram.com/devyli3

Masukkan sisa biskuit pada wadah seperti baskom. Remukkan semua biskuit dengan ulekan sampai halus. Selain menggunakan ulekan kamu juga bisa menggunakan parutan untuk hasil yang lebih halus. Tapi, tentu akan memakan waktu cukup lama.

Jangan lupa untuk melapisi ulekan dengan plastik supaya nanti bola-bola cokelatmu tidak bercampur dengan bau bumbu-bumbu makanan ya. 

Baca Juga: 6 Jenis Cokelat Ini Memiliki Fungsi yang Berbeda-beda, Yuk Kenalan!

3. Campurkan semua bahan

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!instagram.com/videocakes

Setelah biskuit halus, tambahkan susu kental manis sambil diaduk. Gunakan sendok atau tangan yang menggunakan sarung tangan plastik supaya susu kental manis lebih merata. Masukkan mentega hingga adonan mudah dibentuk. 

Mentega berfungsi agar adonan lebih mudah di bentuk menjadi bola atau bentuk lain yang kamu suka. Selain itu, mentega juga membuat meses lebih mudah menempel nantinya. 

4. Bentuk jadi bola-bola

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!resepkuerenyah.com/

Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Kamu bisa menambahkan keju di dalamnya sesuai selera. Setelah menjadi bola, beri meses pada seluruh permukaannya. Selain meses dan keju, kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang kamu suka. 

5. Bola-bola cokelat siap dinikmati!

Resep Bola-bola Cokelat Mudah, Bisa Manfaatkan Biskuit Sisa Lho!resepcaramemasak.info/

Setelah semua bola-bola sudah diberi meses, bola-bola siap untuk dihidangkan. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas untuk rasa yang lebih nikmat. Bola-bola cokelat ini bisa menjadi teman menonton film atau berbincang ringan dengan kerabat dekat 

Sisa-sisa makanan yang tadinya tidak begitu disukai ternyata bisa juga diolah menjadi makanan yang enak. Untuk mengolahnya juga ternyata cukup mudah. Kamu juga bisa melakukan variasi lainnya biar sisa-sisa biskuitnya gak dibuang gitu aja. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Fakta Cokelat Putih, Ternyata Bukan Cokelat Sebenarnya Lho!

dea merina Photo Writer dea merina

deamerina.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya