Comscore Tracker

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendamping

Rasa asam dan segarnya cocok dipadukan dengan aneka makanan

Sensasi asam dan segar dari acar timun membuat makanan jadi makin enak, apalagi kalau dinikmati bersama hidangan pedas atau gurih.

Cara membuatnya gampang dan gak butuh banyak bahan. Biar gak penasaran, simak yuk cara mudah membuat acar timun di bawah ini!

1. Pilih timun yang berukuran sedang

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendampingsimplyrecipes.com

Acar timun yang biasa digunakan dalam makanan cepat saji memiliki diameter yang cukup kecil. Tapi ini bukan karena jenis potongannya melainkan timun yang digunakan berukuran sedang sehingga ketika diolah dan meresap cairan cuka, volume yang menyusut tidak terlalu banyak dan masih memberi tekstur garing saat disantap.

Berbeda halnya dengan acar yang menggunakan timun berukuran besar, hasil acarnya akan lembek dan tidak padat seperti yang berukuran sedang.

2. Gunakan wadah tertutup untuk tempat menyimpan timun

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendampingtheoldwalshfarm.com

Setelah terpilih timun dengan ukuran yang tepat, simpan timun dalam wadah tertutup agar kesegarannya tetap terjaga. Gunakan wadah kedap udara sebagai tempat penyimpanannya. Ini bisa memperlama tingkat kesegaran timun sebelum nanti diolah menjadi acar.

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Makan Acar, Bukan Sekedar Camilan Biasa

3. Rendam timun dalam air es   

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendampingfeastingathome.com

Jika timun tidak diletakkan dalam wadah tertutup, bisa juga dengan cara merendamnya dalam air es selama 2 jam. Air es akan menjaga timun tetap segar sehingga teksturnya masih garing. Air es juga akan membuat warna hijau pada timun semakin keluar, jadi penampilannya akan lebih bagus. 

4. Potong bagian ujung timun   

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendampingselfproclaimedfoodie.com

Jangan menggunakan seluruh bagian timun sebab di bagian ujung-ujungnya terdapat enzim yang dapat mengakibatkan acar jadi lembek. Daya tahan acar otomatis akan semakin rentan basi bila teksturnya terlalu basah dan lembek.

5. Tips membuat acar yang padat dan garing

5 Cara Bikin Acar Timun, Segar dan Pas buat Jadi Makanan Pendampingtasteofhome.com

Setelah tahapan di atas, masukkan acar ke dalam air yang sudah diberi cuka lalu jangan lupa tambahkan sedikit teh ke dalam rendaman airnya. Teh mengandung tanin yang berfungsi untuk mengikat kelembapan sehingga acar timun yang dihasilkan nanti memiliki tekstur semakin padat dan garing. Ini juga merangkap sebagai pengawet alami yang membuat acar tahan lama.

Acar timun bukan hanya menambah segar makanan yang kamu santap, tapi makanan fermentasi seperti ini bisa juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kalau begini, makan makanan enak yang kaya lemak jadi bisa tetap bersahabat bagi tubuh!

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 8 Jenis Mentimun yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Masak, Cocok untuk Acar

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya