Comscore Tracker

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhana

Cocok dihidangkan untuk acara penting atau hari besar

Bolu macan merupakan kue khas Bangka yang sangat populer. Selain karena kelezatannya, coraknya yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri.

Membuat kue bolu macan Bangka sendiri bisa dibilang tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Siap mencobanya?

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhanailustrasi tepung (freepik.com/azerbaijan_stockhers)

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur
  • 150 gram butter
  • 100 gram margarin
  • 200 gram gula pasir
  • 150 gram terigu protein rendah
  • 30 gram maizena
  • 20 gram susu bubuk
  • 1 sdt pasta cokelat
  • 1 sdt pasta moka

2. Kocok butter bersama margarin dan gula

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhanailustrasi mengocok telur dan gula (freepik.com/bolo4ev.o)

Siapkan wadah atau baskom berukuran sedang. Masukan butter, margarin, dan gula pasir ke dalamnya. Kocok sebentar hingga semuanya tercampur menggunakan whisk atau mikser.

Setelah itu, pecahkan lima butir telur, lalu pisahkan kuning dan putihnya. Sisihkan dulu putihnya, lalu masukan kuning telur ke dalam adonan butter sambil dikocok sampai mengembang.

3. Masukan tepung dan susu ke dalam adonan

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhanailustrasi membuat adonan (instagram.com/master1305)

Jika adonan butter sudah tercampur dan mengembang, tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak. Ini bertujuan agar adonan tidak menggumpal. Aduk-aduk hingga tercampur kembali.

Di wadah yang terpisah, masukan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya tadi. Kocok putih telur sampai berbusa lembut dan mengembang atau biasa disebut soft peak. Kemudian, masukkan ke dalam adonan, lalu aduk kembali sampai tercampur rata.

Baca Juga: Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan Lidah

4. Bagi adonan menjadi tiga bagian

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhanailustrasi membuat bolu macan (yt.com/Ayo Masak Ayo Makan)

Bagi adonan menjadi tiga bagian sama rata. Satu bagian adonan dicampur dengan pasta cokelat, satu bagian lagi dicampur dengan pasta moka, dan satu bagian terakhir dibiarkan putih saja.

Selanjutnya, siapkan loyang bolu, tuang sedikit adonan putih terlebih dahulu. Kemudian, tuangkan adonan cokelat dan moka sedikit saja. Ulangi terus sedikit demi sedikit sampai adonan habis agar membentuk corak yang cantik.

5. Panggang bolu macan hingga matang

Resep Bolu Macan Bangka yang Lembut, Cara Buatnya Sederhanabolu macan Bangka (instagram.com/fen.z)

Masukan adonan loyang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang hingga bolu macan sampai mengembang dan matang. Jika sudah, angkat dan keluarkan dari loyang atau cetakan.

Biarkan bolu macan dingin, lalu potong-potong untuk disajikan. Kue macan ini sangat cocok dihidangkan ketika ada acara penting atau hari-hari besar.

Resep dan langkah-langkah membuat bolu macan khas Bangka di atas sangat mudah, kan? Rasanya yang manis dengan tekstur lembut bikin siapa pun suka.

Baca Juga: Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulut

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya