Comscore Tracker

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafe

Para anak-anak kekinian wajib coba resep ini

Minum-minuman yang disuguhkan di kafe-kafe memang terkenal enak dan kekinian. Namun, itu tentu sebanding dengan harganya yang bisa dibilang agak merogoh kocek, ya!

Pernahkah kamu berpikir untuk membuat minuman ala kafe sendiri di rumah? Nah bagi kamu yang tertarik untuk membuatnya, berikut merupakan salah satu resep minuman paling digemari, yaitu matcha latte ice.

Penasaran bagaimana cara buatnya? Yuk, ikuti resep dan langkah-langkahnya di bawah ini! Soal rasa, boleh diadu deh dengan matcha latte ice buatan kafe.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafeilustrasi bubuk matcha (freepik.com/azerbaijan_stockers)

  • 2 sdm bubuk matcha
  • 200 ml susu cair
  • 4 sdm kental manis
  • 2 sdm gula atau sesuai selera
  • 1 sdm krimer
  • 100 ml air panas secukupnya
  • Es batu secukupnya

2. Larutkan bubuk matcha

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafeilustrasi membuat matcha latte (YouTube.com/Sasha Colina)

Siapkan panci bersih lalu tuangkan sekitar 100 ml air ke dalamnya. Taruh di atas kompor dan nyalakan apinya. Masak sampai air mendidih.

Masukan bubuk matcha ke dalam gelas. Tuangkan air panas ke dalamnya. Aduk-aduk bubuk matcha hingga tercampur dan larut dengan air panas.

Baca Juga: 5 Kesalahan Membuat Matcha yang Bikin Rasanya Pahit, Perhatikan!

3. Campurkan bubuk matcha dengan krimer

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafeilustrasi membuat matcha latte (YouTube.com/Sasha Colino)

Apabila bubuk matcha sudah larut dengan air panas, saatnya menambahkan gula sesuai selera ke dalamnya untuk menambah rasa manis. Aduk-aduk sebentar.

Jika sudah, kini giliran krimer dan susu kental manis. Aduk-aduk sampai tercampur dengan matcha. Sisihkan terlebih dahulu.

4. Siapkan matcha latte ice

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafeilustrasi membuat matcha latte (YouTube.com/Sasha Colina)

Ambil gelas bersih berukuran sedang atau besar. Masukkan secukupnya es batu ke dalam gelas tersebut. Tuangkan susu cairnya terlebih dahulu.

Selanjutnya, tuang campuran matcha, krimer, dan susu kental manis ke dalamnya. Taburi bubuk matcha jika masih tersisa agar lebih cantik dan menarik. Sudah jadi! Matcha latte ice siap dinikmati!

5. Tips membuat matcha latte ice

Resep Matcha Latte Ice ala Rumahan, Gak Kalah Enak dengan Buatan Kafematcha latte ice (freepik.com/topntp26)
  1. Jika tidak suka pahit, kamu bisa mengurangi bubuk matchanya. Atau kamu juga bisa menambahkan lebih banyak gula, tetapi mungkin akan mempengaruhi rasa matchanya, ya!
  2. Nah untuk penyajiannya, kamu juga bisa menuangkan matchanya lebih dahulu, baru kemudian susu cairnya. Tergantung selera kamu!

Nah, itu dia resep, langkah-langkah, dan tips membuat matcha latte ice kekinian yang menyegarkan ala kafe. Tidak sulit sama sekali bukan?

Baca Juga: Resep Matcha Truffle yang Nikmat, Pecinta Matcha Mari Merapat!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya