Comscore Tracker

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legit

Gak perlu bingung lagi untuk mengolah singkong

Singkong adalah salah satu bahan makanan yang sangat mudah dijumpai. Jika kamu memiliki banyak singkong dan bingung mau dibuat apa, mungkin resep di bawah ini bisa jadi jawabannya.

Dengan singkong, kamu bisa membuat jajanan tradisional bernama ongol-ongol. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga cukup sederhana. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan warna pelangi supaya lebih menarik.

Resep ongol-ongol singkong pelangi berikut ini bisa banget kamu jadikan panduan. Memasak jajanan tradisional satu ini gak sulit, kok.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legitilustrasi singkong (freepik.com/freepik)

Bahan ongol-ongol:

  • 1 kg singkong
  • 225 gram gula pasir
  • 200 ml santan instan
  • 300 ml air bersih
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • pewarna makanan merah, kuning, hijau secukupnya

Bahan taburan:

  • setengah buah kelapa parut
  • 1/2 sdt garam

2. Parut dan peras singkong hingga tuntas

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legitilustrasi singkong parut (youtube.com/atha naufal)

Siapkan satu kilogram singkong, lalu kupas hingga kulitnya bersih. Kemudian, cuci singkong menggunakan air mengalir agar kotorannya hilang. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan singkong.

Selanjutnya, parut semua singkong dan masukan ke dalam kain bersih. Peras parutan singkong hingga kandungan airnya terbuang. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Campur adonan ongol-ongol dengan pewarna makanan

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legitilustrasi adonan ongol-ongol (youtube.com/atha naufal)

Campurkan agar-agar, gula, dan air hingga larut. Masukan parutan singkong dan santan, lalu aduk-aduk hingga semua bahan adonan menjadi satu.

Setelah itu, bagi adonan menjadi tiga di dalam wadah berbeda. Beri masing-masing adonan dengan pewarna makanan berbeda, yaitu merah, kuning, dan hijau. Aduk hingga berubah warna.

Baca Juga: Resep Ongol-Ongol Labu Kuning, Camilan Legit buat Buka Puasa

4. Kukus adonan ongol-ongol

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legitilustrasi mengukus ongol-ongol (youtube.com/atha naufal)

Ambil loyang berbentuk persegi atau persegi panjang. Masukan lebih dulu adonan hijau ke dalam loyang lalu ratakan. Kukus sekitar 10 menit.

Setelah itu, angkat dan tuangkan adonan kuning di atasnya. Kukus kembali selama 10 menit. Ulangi hingga adonan merah terkukus dan matang.

Sambil mengukus ongol-ongol, kamu juga bisa membuat taburannya. Siapkan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam. Masukan ke dalam wadah, lalu kukus bersama adonan merah hingga lunak.

5. Sajikan ongol-ongol dengan taburan kelapa

Resep Ongol-Ongol Singkong Pelangi, Jajanan Tradisional yang Legitongol-ongol pelangi (instagram.com/dessivilast)

Angkat ongol-ongol yang sudah matang, lalu biarkan dingin. Jika sudah, angkat ongol-ongol dari cetakan dan potong sesuai selera.

Sajikan ongol-ongol singkong pelangi bersama taburan kelapa parut agar rasanya lebih gurih. Ongol-ongol sangat cocok untuk teman ngopi atau ngeteh. Meskipun terkesan sederhana, tetapi kelezatan kue ini benar-benar tiada duanya.

Semoga resep ongol-ongol singkong pelangi di atas bisa bermanfaat bagi kamu, ya. Kamu gak perlu bingung-bingung lagi untuk mengolah singkong yang ada di rumah, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Manis dan Kenyal, Inilah 5 Serba-serbi Ongol-ongol Khas Betawi

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya