Comscore Tracker

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!

Cocok jadi teman ngeteh di sore hari!

Buah bluberi apabila dimakan langsung dengan cara yang itu-itu saja tentu akan membosankan. Walaupun rasanya memang lezat, tetapi ada kalanya buah ini lebih baik diolah menjadi makanan tertentu. Buah berry berwarna biru ini juga ternyata cocok dimasak sebagai dessert dengan perpaduan kue vanila yang manis.

Blueberry cake dapat menemani sore harimu yang santai sambil meminum kopi atau teh. Kue ini tidak terlalu sulit dibuat. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat cake blueberry homemade yang gak kalah enak dari buatan chef pastry.

1. Bahan yang perlu disiapkan 

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!ilustrasi bahan membuat kue bluberi (dok. Once Upon a Chef)

Untuk membuat satu loyang blueberry cake, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu:

  • 2 mangkuk buah bluberi
  • 1 mangkuk mentega
  • 1 1/4 mangkuk tepung terigu serbaguna
  • 1 mangkuk cream cheese
  • 2 butir telur
  • 1 buah lemon
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh bubuk kayu manis
  • 3/4 mangkuk gula

2. Kocok mentega menggunakan mixer 

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!ilustrasi mengocok mentega (pexels.com/Taryn Elliot)

Langkah pertama, masukkan mentega ke dalam wadah lalu aduk menggunakan mixer hingga bertekstur lembut. Diamkan mentega di suhu ruang selama kurang lebih satu jam. Selagi menunggu, siapkan bahan-bahan lain untuk membuat adonan kue bluberi.

Tambahkan gula ke dalam adonan mentega dan aduk kembali menggunakan mixer selama dua menit atau sampai mengembang. Masukkan juga dua butir telur dan kocok dengan mixer sekitar satu menit. Setelah itu, aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur menjadi satu.

Baca Juga: Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpel

3. Campurkan bahan yang tersisa 

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!ilustrasu mencampurkan bahan (pexels.com/Nicole Michalou)

Masukkan tepung terigu serbaguna ke dalam wadah, tambahkan baking powder, garam, dan bubuk kayu manis. Lalu, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Parut kulit lemon sebelum diperas untuk mendapatkan lemon zest untuk membuat kue semakin harum dan segar.

Campurkan perasan dan parutan lemon sekaligus ekstrak vanila ke dalam adonan tadi. Setelah itu, aduk kembali menggunakan mixer sekitar 1 menit atau sampai adonan telah bertekstur lembut.

4. Masukkan adonan ke dalam cetakan 

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!ilustrasi membuat kue bluberi (dok. Once Upon a Chef)

Siapkan loyang atau cetakan kue berukuran medium. Masukkan adonan kue bluberi menggunakan spatula secara perlahan agar tidak belepotan. Jangan isi terlalu penuh karena kue akan mengembang nantinya. Cukup isi sekitar 3/4 dari loyang untuk memberi ruang.

Berikutnya, masukkan buah bluberi ke dalam wadah. Tuangkan perasan lemon dan satu sendok tepung terigu. Aduk secara perlahan hingga tercampur ke semua sisi bluberi tetapi pastikan jangan sampai terlalu menekan buahnya agar tidak hancur. Lalu, letakkan bluberi di atas adonan kue dan ratakan menggunakan spatula.

5. Panggang kue bluberi 

Resep Blueberry Cake yang Lembut dan Manis, Gampang Buatnya!ilustrasi memanggang kue (pexels.com/cottonbro)

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 170 derajat Celsius. Masukkan loyang yang terisi adonan kue ke dalam oven secara hati-hati. Panggang kue bluberi sekitar 45 sampai 55 menit. Keluarkan kue jika sudah terlihat mengembang dan berwarna kuning kecoklatan.

Dinginkan selama 10 menit di suhu ruang lalu keluarkan dari loyang. Kamu bisa menghiasnya dengan cream cheese. Sebenarnya kue bluberi dapat langsung disajikan karena tanpa tambahan topping, kue ini sudah terasa lezat. Kue bluberi sendiri dapat bertahan selama 3 hari di suhu ruang dan seminggu jika disimpan di lemari es.

Tidak terlalu sulit bukan membuat blueberry cake? Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan di dapur. Jadi, siap mengolah sisa buah bluberi yang tersimpan di rumah?

Baca Juga: Resep Kue Saus Tomat, Rasa Yummy dan Visual Mirip Red Velvet Cake

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya