Comscore Tracker

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!

Perpaduan bahan buah dan herbal dalam satu gelas smoothie

Smoothie merupakan minuman populer yang menggunakan susu atau yogurt sebagai bahan utamanya. Biasanya smoothie akan dipadukan dengan beragam bahan yang membuat menu ini terasa lebih spesial dan lezat.

Pada sajian smoothie kali ini, bahan-bahan yang digunakan bukan hanya buah, melainkan juga herbal lezat. Menu ini menggunakan buah jeruk dan serai yang akan ditambahkan sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya. Jika kamu penasaran ingin membuatnya di rumah, coba lah buat sendiri dengan resep berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!Ilustrasi jus jeruk (thelist.com)

Bahan-bahan:

  • 1 stik serai
  • 1 buah jeruk
  • 2 sendok teh oat
  • 225 ml susu yogurt
  • 1-2 sendok teh madu

2. Mengolah bahan serai

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!Ilustrasi mengolah serai (delightfulplate.com)

Sebagai bahan utama yang digunakan dalam menu ini, tentu kamu perlu mengolah serai terlebih dahulu. Proses pengolahan serai dilakukan dengan membersihkan tanaman herbal ini terlebih dahulu.

Jika sudah, cucilah dan potong lah menjadi beberapa bagian, serta buang lah bagian yang tak terpakai. Letakan serai pada blender dan sisihkan sebentar.

3. Parut kulit jeruk dan mengambil sari jeruk untuk diblender bersama serai

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!Ilustrasi jeruk di dalam blender (recipe52.com)

Bahan utama selanjutnya yang digunakan adalah jeruk segar yang sudah matang dan memiliki cita rasa manus. Jeruk ini akan diambil bagian kulit dan sarinya, sehingga dapat kamu olah secara perlahan.

Langkah pertama adalah dengan memarut kulitnya terlebih dahulu dan letakkan pada blender. Lalu, ambil sari jeruk dan kembali tuangkan pada blender. Nyalakan blender dan biarkan semuanya tercampur dengan merata.

4. Mencampurkan kembali dengan madu, oat, dan yogurt

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!Ilustrasi menuangkan susu ke blender (christinascucina.com)

Untuk membuat menu ini semakin lengkap, tentu kamu perlu menambahkan yogurt. Susu yogurt yang digunakan dapat langsung kamu tuangkan pada blender.
Bahan-bahan pelengkap lainnya seperti oat dan madu juga dapat ditambahkan.

Penambahan madu dapat kamu sesuaikan dengan selera jika ingin lebih manis cita rasanya. Haluskan semua bahan hingga tercampur merata di dalam blender. Kamu dapat menambahkan es batu untuk dihaluskan di dalamnya jika ingin lebih dingin.

5. Sajikan secara dingin atau pun tidak

Resep Lemongrass and Orange Smoothie, Minuman dengan Cita Rasa Unik!Orange lemongrass smoothie (yummly.com)

Penyajian menu ini dapat dilakukan setelah selesai menghaluskan semua bahan. Tuangkan smoothie ke dalam gelas saji secara perlahan.
Kamu dapat menyajikan menu ini secara dingin atau pun biasa. Kedua jenis penyajian tetap memberikan cita rasa yang lezat.

Membuat menu smoothie yang segar dan sehat dengan bahan-bahan herbal tentunya cocok untuk jadi kreasi andalan di rumah. Apalagi dengan buah-buahan segar yang mampu berikan cita rasa manis dan menggugah selera. Menu andalan kala terik melanda, nih!

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat Kesehatan

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya