Comscore Tracker

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualan

Yuk, coba buat es kopi susu gula aren sendiri di rumah

Es kopi susu akhir-akhir ini semakin banyak peminatnya, baik dari pecinta kopi sejati maupun dari pemula yang ingin coba-coba. Banyaknya kedai kopi memang memperluas pilihan para pecinta kopi.

Buat kamu pecinta kopi yang tetap ingin merasakan nikmatnya kopi selagi menghemat pengeluaran, membuat es kopi sendiri di rumah sepertinya patut dicoba. Selain enak, bahan-bahan yang sederhana dan terjangkau juga merupakan nilai plus dari es kopi ala rumahan ini.

Bahkan, resep es kopi susu gula aren dari chef William Gozali ini juga bisa jadi modal kamu untuk mulai berbisnis, lho! Mau tau seperti apa cara membuatnya? Simak resepnya di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualanilustrasi bahan yang dibutuhkan (pexels.com/Karina Zhukovskaya)

Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat es kopi susu gula aren adalah sebagai berikut. 

Ekstrak kopi:

  • 15 gram bubuk kopi espresso instan
  • 150 ml air

Es kopi susu:

  • 150 ml ekstrak kopi
  • 50-70 gram gula aren
  • 800 ml susu UHT rasa kelapa

2. Buat ekstrak kopi

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualanilustrasi pembuatan ekstrak kopi (dok. youtube.com/Willgoz Kitchen)

Rebus kopi espresso instan dengan 150 ml air di atas panci. Aduk rata, matikan api setelah air panas tapi jangan sampai mendidih.

Akan sangat membantu jika kamu memiliki alat pengukur suhu di rumah. Namun, jika kamu tidak memilikinya, rebus kopi selama kurang lebih 3-5 menit saja, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapi

3. Buat sirup gula aren

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualanilustrasi membuat sirup gula aren (dok. youtube.com/Willgoz Kitchen)

Potong gula aren menjadi bagian-bagian kecil. Masukkan dalam panci dan panaskan gula aren hingga meleleh.

Saring hasil lelehan gula aren dan tampung dalam sebuah wadah. Sisihkan sebentar untuk kemudian dicampur bersama ekstrak kopi.

4. Campurkan gula aren dan eksrak kopi

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualanilustrasi campuran gula aren dan ekstrak kopi (dok. youtube.com/Willgoz Kitchen)

Masukkan sirup gula aren ke dalam botol berukuran 1 L. Masukkan ekstrak kopi yang telah dibuat sebanyak 150 ml tadi ke dalam botol yang telah berisi gula aren.

Sebenarnya ukuran pencampuran ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu, ya! Sedikit tips, kamu bisa mencoba berbagai ukuran takaran kombinasi dari kedua bahan tersebut untuk menemukan rasa es kopi susu gula aren yang pas dengan selera kamu. 

5. Tambahkan susu

Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Cukup Tiga Bahan Langsung Siap Jualanilustrasi susu yang ditambahkan dalam campuran kopi dan gula aren (dok. youtube.com/Willgoz Kitchen)

Tuangkan susu UHT rasa kelapa sebanyak 800 ml ke dalam botol yang telah berisi campuran kopi dan gula. Kocok botol tersebut hingga kopi, gula, dan susu tercampur.

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan es batu agar rasanya semakin segar. Kini es kopi susu gula aren kamu pun siap untuk dihidangkan.

Ternyata es kopi yang selama ini dijual dengan harga mahal di berbagai kafe bisa juga dibuat di rumah dengan versi yang lebih ekonomis, bukan? Bagi kamu yang tertarik untuk mengerem pengeluaran atau bahkan membuat usaha es kopi, resep yang satu ini boleh banget untuk dicoba, ya! Semoga berhasil!

Baca Juga: 8 Macam Minuman Kopi Khas Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Gita Photo Verified Writer Gita

Full-time teacher, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya