Comscore Tracker

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!

#IDNTimesFood Dijamin enak dan mudah dibuatnya!

Kattentongen atau yang dikenal sebagai kue lidah kucing merupakan kukis primadona di hari-hari besar. Ketika mencicipi, rasanya yang manis dengan tekstur renyah tentu membuat ketagihan.

Sekilas, warnanya yang menarik dan beragam membuat kukis ini terkesan sulit dibuat. Namun, dengan bahan yang sederhana, kue ini dapat kamu buat dengan mudah di rumah dan dijadikan sebagai camilan teman minum teh. Yuk, ikuti resep rainbow kattentongen di bawah ini!

1. Bahan dan alat yang diperlukan 

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!ilustrasi alat dan bahan membuat rainbow kattentongen (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Bahan-bahan:

  • 150 gram gula halus
  • 125 gram tepung terigu yang sudah diayak
  • 125 gram margarin
  • 2 butir putih telur
  • ¼ sdt vanili
  • 5 macam pewarna makanan (merah, kuning, hijau, biru, dan ungu)

Alat-alat:

  • Mixer
  • Sendok atau spatula karet
  • 1 buah wadah besar
  • 5 buah wadah kecil
  • Oven dan loyang
  • Plastik segitiga atau piping bag

2. Kocok bahan-bahan menggunakan mixer 

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!ilustrasi membuat adonan kue (pexels.com/Katerina Holmes)

Pertama, masukkan gula dan mentega ke dalam wadah berukuran besar. Lalu, mixer kedua bahan tersebut dengan kecepatan rendah hingga tercampur merata. Kemudian, masukkan putih telur dan naikkan kecepatan mixer.

Apabila adonan sudah mengembang dan tampak pucat, masukkan vanili dan tepung terigu yang telah diayak sedikit demi sedikit menggunakan sendok. Mixer hingga semuanya tercampur sempurna dan adonan menjadi lebih kaku.

3. Beri pewarna pada adonan 

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!ilustrasi memberikan pewarna makanan pada adonan (www.sweetsugarbelle.com)

Setelah adonan siap, bagi rata ke dalam 5 wadah lain yang lebih kecil. Kemudian tuang pewarna makanan secukupnya ke masing-masing adonan, lalu aduk rata menggunakan sendok atau spatula karet.

Baca Juga: 5 Referensi Meringue Kukis untuk Ide Jualan Kekinian

4. Cetak adonan di atas loyang 

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!ilustrasi mencetak rainbow kattentongen (instagram.com/_hobby.cooking)

Siapkan piping bag atau plastik segitiga sebanyak 5 buah, gunting bagian ujungnya dan isi tiap-tiap plastik dengan satu macam warna adonan.

Setelah itu, tuang masing-masing adonan di atas loyang yang telah diolesi margarin seperti pada gambar. Kamu bisa menggunakan loyang berpola khusus untuk membuat kue lidah kucing ataupun loyang datar.

Apabila menggunakan loyang datar, jangan lupa untuk memberi jarak antar adonan agar kukis tidak menempel saat dipanggang.

5. Panggang menggunakan oven hingga berubah warna 

Resep Rainbow Kattentongen, Camilan Sederhana yang Bikin Ketagihan!ilustrasi rainbow kattentongen yang sudah jadi (instagram.com/_hobby.cooking)

Setelah loyang penuh, masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang kurang lebih selama 7-12 menit hingga kue berubah warna menjadi sedikit lebih gelap dan teksturnya menjadi lebih berpori.

Kalau sudah matang, keluarkan loyang dari alat pemanggang, lalu diamkan sebentar hingga kue mengeras. Setelah itu, barulah rainbow kattentongen dapat disajikan sebagai camilan bersama teh atau kopi.

Itulah cara membuat rainbow kattentongen. Tunggu apa lagi? Ayo siapkan bahan, dan bikin sekarang!

Baca Juga: Resep Membuat Leker Teflon, Camilan Manis dan Renyah untuk WFH

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya