Comscore Tracker

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! 

Gak perlu jauh-jauh ke restoran lagi, nih  

Lele jadi salah satu olahan hewani yang menduduki hierarki tertinggi makanan yang paling disukai masyarakat Indonesia setelah ayam dan daging-dagingan. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya penjual olahan lele di berbagai daerah.

Umumnya, lele diolah sederhana sebagai hidangan lalapan yang disajikan dengan sambal terasi atau sambal bawang. Tapi, melalui resep kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengolah lele selain hanya dijadikan sebagai lalapan saja.

Penasaran hidangan seperti apakah yang dimaksud? Yuk, langsung saja simak resep lele goreng tepung saus tiram yang bisa kamu buat di rumah berikut ini!

1. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan sebelum memasaknya

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! ilustrasi lele (instagram.com/kan_lele_segar_purwokerto)

Untuk membuat menu tentu ini kamu memerlukan beberapa bahan utama beserta bumbu-bumbunya. Yuk, langsung catat setiap bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan utama:

  • 1 kg lele berukuran sedang
  • 50 gram tepung terigu
  • 2 butir putih telur
  • 2 buah jeruk nipis
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica

Bahan untuk saus tiram:

  • 1 sdt tepung maizena
  • 2 sdm margarin
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt saus tomat
  • 4 sdm saus tiram
  • 1 sdt saus sambal
  • ½ sdt merica
  • 1 ½ merica 
  • ½ bawang bombay
  • air secukupnya
  • garam secukupnya

2. Bersihkan lele, lalu lumuri dengan jeruk nipis

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! ilustrasi lele (instagram.com/kan_lele_segar_purwokerto)

Ketika kamu membeli ikan lele di pasar, pastikan kamu memilih ukuran lele yang sedang cenderung kecil agar pas untuk porsi sekali makan. Jika terlalu besar, tentunya akan susah untuk dimasak dan harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan lele menggunakan air bersih. Karena lele tak mempunyai sisik, kamu bisa langsung membuang semua isi perut ikan, insang, dan kumis lele. Lalu, iris sedikit badan lele agar bagian dalam dagingnya terbuka.

Setelah bersih, kamu bisa melumuri lele menggunakan jeruk nipis. Potong menjadi dua tiap jeruk nipis, lalu oleskan ke setiap bagian lele. Jika sudah, peras sisanya dan biarkan lele terendam dalam air jeruk nipis agar aroma amisnya hilang.

Baca Juga: 5 Hidangan Menggugah Selera Berbahan Ikan Lele, Gak Hanya Pecel Lele

3. Goreng lele dengan adonan tepung

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! ilustrasi (Unsplash.com/Sonia Nadales)

Pisahkan putih telur dari kuningnya, sisihkan dalam wadah.  Selanjutnya, siapkan wadah yang berbeda dengan wadah telur. Tuangkan tepung terigu, merica, serta garam yang sudah disaring agar tidak ada yang menggumpal.

Setelah semua siap, siapkan wajan. Isi penuh wajan dengan minyak, biarkan sampai benar benar panas. Sambil menunggu, kamu bisa mencelupkan lele ke dalam putih telur, lalu dilumuri dengan tepung terigu yang sudah dibumbui. Lakukan langkah tersebut dua kali agar hasilnya lumayan krispi. Jika sudah, goreng lele sampai matang. 

4. Buat saus tiram menggunakan bahan yang sudah tersedia 

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! ilustrasi (Pexels.com/ Polina Tankilevitch )

Siapkan wajan, lalu panaskan margarin di dalamnya. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga beraroma harum. Selanjutnya, masukkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, dan kecap manis. Aduk terus hingga semuanya merata.

Jika sudah tercampur rata, sudah saatnya memasukkan sederet penyedap rasa, mulai dari merica, gula, dan garam. Setelah itu, tuangkan air dan larutan tepung maizena. Aduk terus hingga mengental dan matang.

5. Sajikan lele dengan saus tiram

Resep Lele Goreng Tepung Saus Tiram, Enaknya Kebangetan! ilustrasi lele saus tiram (instagram.com/dellasuzura)

Setelah lele goreng dan saus tiram matang, kamu bisa menyajikannya di atas piring sasji. Siapkan piring berukuran sedang. Tuangkan lele yang sudah digoreg, kemudian siram saus tiram di atasnya.

Sajian lele goreng tepung saus tiram kamu pun kini siap untuk dinikmati. Inspirasi sajian makan siang yang bikin keluarga di rumah makin lahap saat menyantapnya.

Memasak lele goreng tepung saus tiram ini mudah, bukan? Variasi hidangan lele selain lalapan, semoga kamu sukses menerapkan resep ini di rumah, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Menggoreng Lele Jadi Lebih Krispi dan Gak Lengket

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya