Comscore Tracker

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpel

Cuma butuh tiga bahan utama untuk bikin camilan enak ini!

Keripik menjadi salah satu penganan yang begitu disukai, bahkan sampai dijadikan camilan favorit oleh banyak orang. Kamu bisa sontek resep keripik telur putih. Namun, kalori yang cukup tinggi membuat hidangan ini tidak bisa terlalu sering dinikmati, terutama buat kamu yang sedang diet. 

Walau demikian, kamu masih bisa menikmati camilan kriuk yang mirip keripik siap santap dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Seperti memakai bahan dari putih telur. Simak resep keripik putih telur berikut ini!

1. Bahan-bahan

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpelilustrasi enam butir telur (pexels.com/Estudio Gourmet)

Bahan pembuatan keripik:

  • 4 butir telur
  • 1 butir bawang putih
  • Keju cheddar parut secukupnya (opsional)
  • Garam dan lada

2. Pisahkan putih dan kuning telur

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpelilustrasi pemisahan putih dan kuning telur (pexels.com/Los Muertos Crew)

Proses pengolahan keripik yang satu ini dibuat menggunakan bahan baku utama dari putih telur. Maka dari itu, sebelum membuat adonan, baiknya pisahkan terlebih dahulu antara kuning dan putih telur secara manual.

Gunakan bagian putihnya kurang lebih dari empat butir telur. Kamu bisa memisahkan bagian-bagian tersebut menggunakan sendok atau alat khusus biar lebih praktis.

3. Campurkan semua adonan

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpelilustrasi proses pengadukan adonan (pexels.com/Andres Ayrton)

Bila putih telurnya sudah dipisahkan dari kuning, maka ini waktunya untuk mencampur seluruh adonan yang ada. Mulai dari putih telur, bawang putih, lalu bumbui memakai garam dan lada sesuai selera.

Bawang putih yang dipakai bisa dihaluskan terlebih dahulu atau pakai versi bubuk. Sementara itu, proses pengadukan dapat dilakukan sebentar saja asal bumbu tercampur rata. Tidak perlu sampai mengembang dan berubah warna.

Baca Juga: Resep Keripik Kentang Bumbu Kari, Snack Santai untuk Camilan di Rumah

4. Panggang menggunakan loyang muffin

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpelilustrasi muffin pan (freepik.com/freepik)

Jika adonan sudah dikocok rata, maka siapkan terlebih dahulu loyang muffin alias muffin tin. Bentuknya yang bundar akan memudahkan proses pembentuk keripik agar lebih menarik.

Letakkan adonan sedikit saja di setiap lubang loyang, sesuai ketebalan keripik yang diinginkan. Bila suka, tambahkan juga keju cheddar yang sudah diparut ke atas adonan tersebut. Panggang selama kurang lebih 10 menit.

5. Keripik siap disajikan

Resep Keripik Putih Telur, Snack Diet Yummy yang Super Simpelilustrasi keripik putih telur (pexels.com/Kurnia Ramadhan)

Bila telur sudah tampak keemasan dan keju meleleh dengan sempurna, maka adonan sudah bisa dikeluarkan dari oven. Biarkan dingin di suhu ruang selama beberapa menit sebelum keripik dinikmati.

Makanan ini menjadi camilan andalan yang kaya protein, sebab bahan-bahan yang dipakai cenderung simpel dan terdiri dari telur saja. Rasanya juga unik dengan sensasi renyah yang mengingatkanmu pada olahan keripik yang dijual di supermarket.

Gimana, apakah kamu tertarik membuat makanan ini sebagai pengganti camilan ringan di rumah?

Baca Juga: 5 Inspirasi Snack Berbuka dari Lumpia Isi Keju, Yummy!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya