Comscore Tracker

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemil

Muffin ini punya aroma dan rasa yang bikin terpikat

Lemon bisa memberikan rasa dan aroma yang menyegarkan pada makanan. Oleh sebab itu gak heran kalau bahan sitrus ini cocok dijadikan penambah rasa untuk makanan populer seperti muffin.

Kelezatan hidangan ini paling pas disantap sebagai pengganjal lapar. Alih-alih membeli kue yang sudah jadi, lebih baik bikin lemon muffin sendiri dengan modal yang ekonomis.

Dilansir cdkitchen, begini resep membuat lemon muffin yang enak, wangi, dan lembut. Yuk simak sampai tuntas!

1. Persiapkan bahan-bahan 

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi bahan kue (pixabay.com/BiggiBe)

Bahan-bahan lemon muffin:

  • 2 cangkir tepung terigu protein sedang
  • ½ cangkir gula pasir
  • ¼ cangkir air jeruk lemon
  • 230-240 gram yoghurt rasa lemon
  • 3 sdm margarin leleh
  • 2 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt parutan kulit lemon

2. Campurkan bahan-bahan kering 

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi tepung terigu (pexels.com/Katerina Holmes)

Pertama-tama, siapkan wadah berukuran sedang untuk mencampur adonan. Kemudian masukkan bahan-bahan kering mulai dari tepung terigu, gula pasir, soda kue, dan baking powder sebagai pengembang.

Berikutnya kamu bisa menggunakan bantuan dari spatula kayu atau karet untuk mengaduk bahan-bahan kering hingga tercampur rata. Kalau sudah, buat lubang dangkal di tengah adonan kering tersebut. Sisihkan.

Baca Juga: Resep Bolu Sarang Semut yang Legit ala Anak Kos, Lebih Hemat!

3. Buat adonan basah 

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi adonan muffin (pexels.com/Los Muertos Crew)

Berikutnya siapkan wadah bersih lain kemudian campurkan bahan-bahan basah ke dalamnya. Kocok telur dan yoghurt, lalu masukkan margarin yang sudah dilelehkan, 2 sendok makan air lemon, dan parutan kulit lemon.

Gunakan whisk untuk mengocok bahan-bahan cair ini sampai larut dan merata. Supaya hasilnya tambah bagus, sebaiknya saring dulu air lemon biar ampas perasannya tidak menggumpal di dalam adonan.

4. Campur adonan dan masukkan ke loyang 

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi adonan dan loyang muffin (pexels.com/DRAKE NICOLLS)

Kalau seluruh adonan sudah siap, masukkan bahan cair ke lubang yang ada pada bahan kering. Lakukan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga tekstur adonan kue ini berubah menjadi lembut dan halus.

Langkah selanjutnya siapkan loyang untuk membuat muffin lalu semprotkan cooking spray atau letakkan kertas khusus muffin di atasnya. Tuangkan adonan sampai habis ke setiap lubang tersedia.

5. Panggang adonan dalam oven

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi muffin matang (pexels.com/Los Muertos Crew)

Apabila loyang sudah terisi semua, tinggal masukkan loyang muffin tersebut ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Suhu memanggang kue ini bisa berada di angka 200 derajat celcius atau 400 untuk satuan fahrenheit.

Masak selama kurang lebih 20 menit atau sampai kudapan berubah warna menjadi kecokelatan, tergantung oven yang dipakai. Kalau sudah matang, tinggal keluarkan dari oven dan dinginkan beberapa saat di suhu ruang.

6. Olesi muffin pakai saus lemon

Resep Lemon Muffin yang Simpel, Cocok buat Sarapan atau Ngemililustrasi lemon muffin (pixabay.com/webvilla)

Supaya rasa lemonnya semakin intens, gunakan sisa air lemon untuk ditambahkan bersama 1½ sendok makan gula atau sesuai selera. Berikutnya masak adonan di atas wajan anti lengket sampai gula larut, kurang lebih 2 menit.

Kalau saus lemonnya sudah mencair dan agak sedikit mengental, maka saus bisa diolesi ke permukaan muffin. Dengan begini, makanan pun akan memiliki sensasi rasa dan aroma lemon yang maksimal.

Legitnya lemon muffin paling cocok disantap sebagai menu sarapan, pelengkap bekal, atau sebagai camilan. Sajian ini punya rasa manis dan asam yang membuat muffin makin enak, akan tambah sempurna kalau disantap bareng segelas kopi maupun teh.

Baca Juga: Resep Banana Pudding Cookies, Camilan yang Mampu Hilangkan Bosan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya