Comscore Tracker

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!

#MasakItuGampang: Penggemar ayam mana suaranya?

Siapa yang tidak mengenal hewan satu ini, ayam merupakan hewan yang paling mudah diternakkan dan ayam juga memberikan hasil ternak berupa daging dan telur. Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Berbagai macam teknik mengolah ayam seperti dikukus, goreng, bakar, rebus, dan panggang dan sebagainya. Begitu juga dengan teknik memotong daging ayam yang sesuai dengan jenis masakannya. Bagaimana saja teknik memotong daging ayam? Yuk simak informasinya.

1. Chicken leg

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/rosehomeparty

Potongan ini merupakan potongan ayam yang dipotong menjadi 4 bagian. Biasanya digunakan untuk olahan dengan teknik ditim dan casseroles.

2. Drumstick

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/kfc

Drumstick merupakan potongan bagian paha bawah ayam. Potongan ini biasa diolah untuk ayam goreng atau ayam bakar. Supaya bumbunya meresap, marinade ayam dengan bumbu sebelum diolah.

3. Chicken breast

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/bibbyskitchen

Potongan ayam yang dibagi menjadi 4 potongan ini merupakan gabungan dari dada dan sayap. Potongan ini digunakan pada olahan dalam casseroles, stewing, dan roasting.

4. Chicken breast fillet

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/mumbaicyclist

Yaitu potongan dada ayam tanpa tanpa tulang dan kulit. Biasanya dipotong miring untuk olahan ayam goreng pada olahan oriental, atau potongan dadu untuk dimasak kari.

5. Chicken Escalope

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/yasminalshamrest

Potongan ini biasa digunakan untuk olahan ayam yang dibalut tepung dan digoreng. Potongan ini biasanya akan dilapisi dengan tepung panir dan digoreng dalam sedikit minyak.

6. Chicken wing

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/marimakan_ttdi

Potongan sayap dapat digunakan untuk berbagai olahan seperti mengolah dalam panggan tahan panas, dibakar, digoreng dan dipanggang. Sayap ini biasanya akan direndam dalam kecap atau campuran cuka balsamic dan madu, kemudian dibakar dan disajikan sebagai hidangan utama maupun makanan ringan.

7. Chicken liver

Ternyata Berbagai Bentuk Potongan Ayam Ini Ada Fungsinya Lho!instagram.com/ foodiswhyimbroke

Hati ayam dalam hidangan barat, biasanya digunakan sebagai isi dalam roast chicken atau dibuat sajian pembuka dengan dibuat apate. Itulah jenis-jenis bentuk potongan ayam yang biasa digunakan dalam masakan.

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya