Comscore Tracker

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung Ketagihan

Perpaduan kemangi dan tomatnya klop!

Kalau sudah pernah ke Garut, kamu pasti tidak asing lagi dengan sambal cibiuk. Sambal khas dengan rasa yang pedas ini memadukan tomat hijau dan kemangi.

Jenis sambal cibiuk sendiri ada dua macam, lho. Sambal cibiuk yang menggunakan cabai hijau dan juga yang menggunakan cabai merah. Soal rasa, tenang saja, keduanya sama-sama lezat.

Sambal cibiuk paling enak dimakan dengan gorengan, seperti tempe, tahu, ataupun ayam goreng. Tak hanya itu, sambal ini juga bisa kamu nikmati dengan beberapa sayuran segar atau sebagai cocolan.

Jika penasaran, berikut cara membuat sambal cibiuk khas Garut yang bisa kamu buat di rumah. Mantap jiwa, deh!

1. Bahan membuat sambal cibiuk

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung KetagihanIlustrasi tomat hijau (unsplash.com/arunjith_nattika)

Bahan-bahan:

  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 2 buah cabai hijau besar
  • 3 butir bawang merah
  • 4 buah tomat hijau
  • 1 ikat kemangi
  • 1 bungkus teras, bakar
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 ruas jari kencur
  • garam secukupnya

2. Cuci semua bahan sambal hingga bersih 

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung KetagihanIlustrasi mencuci sayuran (unsplash.com/rawtager)

Siapkan cabai rawit dan cabai hijau besar, lalu buang tangkainya. Masukkan ke dalam wadah bersih yang agak besar. Kupas kulit bawang merah, lalu masukkan juga tomatnya ke dalam wadah. Cuci bahan hingga bersih.

Untuk tomatnya, kamu bisa memotong menjadi 4 bagian. Kemudian, cuci hingga bersih, lalu angkat dan tiriskan hingga agak kering. Siapkan sayur kemangi untuk dibersihkan.

Ambil daun kemangi, cuci hingga bersih, lalu sisihkan. Nah, untuk langkah selanjutnya, bakar terasi tersebut hingga keluar aroma harum. Siapkan ulekan untuk menghancurkan beberapa bahan.

3. Ulek semua bahan sambal hingga halus 

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung KetagihanIlustrasi mengulek sambal (YouTube.com/Willgoz Kitchen)

Setelah semua bahan siap, masukkan ke dalam ulekan. Perhatikan urutannya dalam memasukkan bahan untuk diulek. Jangan memasukkan bahan sekaligus yang nantinya malah bikin tidak lembut.

Pertama, ulek terlebih dahulu bawang merah, cabai, tomat, terasi, dan kencur hingga lembut. Supaya gampang menguleknya, kamu bisa menambahkan sedikit garam terlebih dahulu, lho.

Setelah lembut, masukkan gula pasirnya. Di sini, kamu bisa mengoreksi rasa tersebut sementara. Jika di sini rasanya sudah pas dan enak, silakan siapkan tomat yang sudah dicuci untuk langkah selanjutnya.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Terasi Nikmat dan Lezat, Pedasnya Nagih!

4. Campur tomat dan kemangi dalam sambal cibiuk 

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung KetagihanIlustrasi memotong tomat (unsplash.com/markusspiske)

Sambal cibiuk memang seperti sambal mentah, ya. Jadi, untuk penggunaan bahannya memang masih mentah dan segar. Seperti halnya tomat dan kemangi yang akan digunakan untuk sambal cibiuk khas Garut ini.

Setelah tomat dicuci bersih, kamu bisa langsung memotongnya jadi beberapa bagian. Campur potongan tomat ke dalam ulekan yang berisi cabai dan beberapa bahan lainnya.

Selanjutnya, tumbuk tomatnya secara perlahan sampai hancur. Kemudian, gunakan spatula kecil, aduk tomat tersebut hingga tercampur rata. Sekali lagi, jangan lupa untuk tetap mengoreksi rasanya, ya.

5. Masukkan kemangi dan sajikan dengan lalapan 

Cara Membuat Sambal Cibiuk Khas Garut, Sekali Coba Langsung KetagihanSambal cibiuk khas Garut (instagram.com/ndoro_glompong)

Setelah tomat dan cabai tercampur, masukkan daun kemangi yang sudah dibersihkan. Aduk hingga sambal dan daun kemangi tercampur rata. Kemudian, sambal cibiuk siap disajikan, deh.

Untuk penyajiannya sendiri sangat gampang. Kamu bisa membuat lauk gorengan atau yang paling mudah dan nikmat adalah telur goreng. Sajikan dengan sambal cibiuk dengan lalapan yang ada.

Sajikan dengan nasi hangat supaya makin nikmat dan lezat. Kini, sambal cibiuk sudah bisa jadi lauk pendamping untuk makan. Cocok disantap dengan beragam lauk-pauk, rasanya bikin nagih. Selamat membuat!

Baca Juga: 10 Resep Sambal Geprek Simpel yang Mantap Pedasnya

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya