Comscore Tracker

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!

Menumis bumbunya gak boleh sembarangan

Penikmat masakan autentik dengan bumbu rempah melimpah pasti tahu semur. Semur adalah sejenis masakan dari beberapa bahan yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah dan kecap.

Isi dari semur sangat beragam, ada yang diberi isian daging dan tahu, tergantung selera. Tak sedikit pula yang menambahkan mi halus ke dalam semur , lho. Rasanya manis karena kecap yang masuk bahan utama.

Meski tergolong mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Demi rasa yang nikmat, berikut tips memasak semur supaya nikmat dan gurihnya meresap. Coba terapkan, ya!

1. Cobalah memilih bahan yang tepat

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!Ilustrasi daging sapi (pixabay.com/webandi)

Tidak semua bahan bisa dijadikan semur. Memilih kombinasi yang tepat ketika akan membuatnya sangat penting untuk menghasilkan semur yang super lezat.

Selain kombinasi bahan, pemilihan bumbu atau rempahnya juga harus diperhatikan, ya. Kamu bisa mencari resep semur terlebih dahulu untuk mengetahui bumbu apa saja yang bisa dipakai.

Memasukkan bumbu atau bahan yang tak semestinya akan membuat semur buatanmu tidak enak. Gak mau, kan, saat makan tiba-tiba rasanya gak enak?

2. Gunakan bumbu yang sudah dihaluskan

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!Ilustrasi mengulek bumbu (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Membuat beberapa sayur memang ada yang hanya menggunakan bumbu iris. Bahkan, ada yang menggunakan dua jenis bumbu, yaitu diiris ataupun dihaluskan.

Berbeda dengan semur yang harus menggunakan bahan bumbu yang sudah dihaluskan, kamu bisa menggunakan blender atau ulekan saat menghaluskan bahan tersebut. Jangan sesekali menggunakan bahan bumbu yang iris, ya.

Sebenarnya, bumbu iris bisa saja untuk semur yang kamu buat, tetapi rasanya akan kurang enak. Maka dari itu, lebih baik haluskan dahulu.

3. Tumis bumbu halus hingga harum

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!Ilustrasi menumis bumbu (youtube.com/Devina Hermawan)

Kamu pasti tahu tentang hal ini. Bukan hanya di semur saja, penting untuk menumis bumbu halusnya hingga wangi atau harum.

Cita rasa bumbu yang ditumis hingga harum akan terasa berbeda dengan yang setengah matang. Bukan hanya rasanya, tetapi juga aroma masakan tersebut juga berbeda.

Hal yang harus diperhatikan dalam menumis bumbu halus adalah warna bumbu itu sendiri. Bumbu yang sudah matang tentu akan beraroma wangi dengan warna agak kecokelatan. Perlu diingat, menumisnya menggunakan api sedang cenderung kecil saja.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!

4. Tambahkan air secara perlahan dan bertahap

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!Ilustrasi menambahkan air ke dalam masakan (youtube.com/Devina Hermawan)

Menambahkan air dalam memasak sayur juga penting, lho. Terlebih, semur adalah jenis masakan berkuah. Dalam memasak semur, menambahkan air harus dilakukan secara bertahap.

Hal ini bertujuan untuk mengatur tingkat kekentalan dari kuahnya. Tak hanya tingkat kekentalanmya saja, tetapi juga rasa bumbu yang sudah dicampur dengan air.

Satu hal lagi, saat menuang air ke dalam masakan semur, barengi juga dengan memasukkan kecap sedikit demi sedikit. Aduk dan koreksi rasa kuah semurnya. Kemudian, tambahkan lagi airnya jika dirasa masih terlalu kental.

5. Masak semur dengan api kecil sampai matang

5 Tips Memasak Semur yang Lezat dan Nikmat, Pemilihan Bahan Penting!Ilustrasi api kompor (pixabay.com/StockSnap)

Untuk menghindari kuah semur yang cepat menguap dan habis, masak menggunakan api kecil adalah cara yang harus kamu lakukan. Selain itu, bumbu yang kamu buat akan meresap sempurna dengan masakannya.

Memasak dengan api besar hanya akan membuat rasanya terasa kurang. Menambahkan air lagi ke kuahnya akan membuat rasanya makin tawar.

Nah, jika ingin semur yang kamu buat tetap nikmat, atur apinya, ya. Gunakan api kecil saja sampai matang. Dijamin rasanya makin nikmat karena sudah meresap sempurna, deh.

Semur memang sangat lezat. Olahan sederhana dengan cita rasa yang menggugah selera. Perhatikan tips di atas supaya semur yang kamu buat tetap nikmat. Jangan lupa masak dengan api kecil, ya!

Baca Juga: Resep Semur Tahu Telur Kuah Rempah yang Lezat

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya