Comscore Tracker

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!

Ternyata bikinnya gampang banget, lho!

Buka puasa gak akan lengkap tanpa segelas minuman dingin. Biasanya sih, es buah menjadi banyak pilihan orang Indonesia untuk takjil buka puasa. Susu yang manis dan dingin, potongan buah segar, dan sirup coco pandan membuat es satu ini jadi sangat nikmat disantap setelah seharian menahan dahaga.

Tapi gak mungkin kan makan es buah terus setiap buka puasa? Biar gak bosen, kenapa kamu gak coba bikin stroberi bingsu ala Korea?

Bingsu atau bingsoo adalah es serut khas Korea Selatan. Hidangan ini populer banget di kalangan anak muda dan pasangan di Korea Selatan.

Selain rasanya enak banget, ternyata cara bikinnya juga gampang. Tertarik coba? Ini dia resep stroberi bingsu ala Korea.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi buah stroberi yang sudah dipotong (unsplash.com/Lidiya Pavlikova)
  • Bahan-bahan:

    1 cup yogurt stroberi atau vanilla
    200 ml susu cair
    200 gram stroberi
    4 - 5 sendok makan gula pasir
    1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
    1 skup es krim vanilla
    Biskuit secukupnya
    Susu kental manis secukupnya

Alat yang dibutuhkan:

  • 1 buah plastik ziplock

2. Siapkan plastik ziplock, masukkan yogurt, dan susu cair. Lalu bekukan selama beberapa jam

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi susu cair dituang ke plastik ziplock (youtube.com/pearl lok)

Pertama siapkan plastik ziplock, buka plastiknya lalu masukkan ke dalam gelas. Di wadah lain, campurkan 1 cup yogurt stroberi atau vanila dengan 200 ml susu cair.

Kalau kamu gak punya yogurt, kamu bisa menggantinya dengan krim kocok. Aduk-aduk kedua bahan hingga semuanya menyatu. Lalu tuang campuran susu dan yogurt ke dalam plastik ziplock.

Tutup rapat plastiknya dan diamkan di dalam freezer selama 5 jam hingga berubah menjadi es.

3. Potong beberapa buah stroberi, lalu masak dengan gula pasir 

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi stroberi yang sudah dipotong (unsplash.com/Lidiya Pavlikova)

Sambil menunggu susunya berubah menjadi es, kamu bisa membuat selai stroberinya dulu. Potong-potong stroberi menjadi potongan kecil, lalu masukkan ke dalam panci. Ingat, jangan masukkan semua stroberi ya! Sisakan beberapa stroberi untuk dijadikan topping nantinya.

Stroberi sudah dipotong kecil-kecil, sekarang masukkan gula pasir ke panci. Aduk dua bahan ini sampai gula dan stroberinya menyatu. Sambil diaduk, tekan-tekan stroberi dengan spatula supaya stroberinya sedikit hancur.

Baca Juga: 5 Bakery Korea di Indonesia, Ada Paris Baguette Favoritnya Artis Korea

4. Masak stroberi yang sudah dicampur dengan gula hingga berubah menjadi selai 

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi selai stroberi yang hampir matang (youtube.com/Pearl Lok)

Nyalakan api, lalu masak kedua bahan ini hingga stroberinya mengeluarkan sari. Masukkan air jeruk lemon yang tadi sudah diperas ke dalam panci. Aduk-aduk sampai tekstur buahnya berubah menjadi kental dan menyerupai selai.

Selama membuat selai stroberi, pastikan kamu terus mengaduknya dengan spatula. Ini mencegah agar selai tidak gosong. Jika teksturnya sudah berubah kental seperti selai, segera matikan api dan angkat.

Pindahkan selai ke wadah lain dan diamkan hingga selai stroberi-nya dingin.

5. Keluarkan susu dari freezer, lalu haluskan dengan blender 

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi susu beku yang sedang dihaluskan (youtube.com/Pearl Lok)

Ambil biskuit secukupnya, lalu pukul-pukul agar biskuit sedikit hancur. Siapkan mangkuk atau cangkir berukuran besar. Jika sudah 5 jam, keluarkan campuran susu dan yogurt tadi dari freezer.

Tuang susu dan yogurt yang sudah beku ke wadah, lalu hancurkan sedikit dengan menggunakan sendok. Jika susunya sudah terlalu beku, kamu bisa memasukkannya ke blender terlebih dahulu. Blender dengan kecepatan ringan hingga teksturnya jadi seperti es serut.

6. Susun es serut dan selai stroberi di mangkuk. Jangan lupa, tambahkan juga irisan buah stroberi sebagai topping

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi es serut dan selai stroberi di mangkuk (youtube.com/Pearl Lok)

Taruh beberapa sendok es serut ke mangkuk, lalu olesi dengan beberapa sendok selai stroberi. Masukkan lagi beberapa sendok es serut. Olesi lagi dengan beberapa sendok selai stroberi dan tutupi lagi dengan es serut.

Potong beberapa buah stroberi, lalu susun di atas es serut sebagai topping. Tambahkan biskuit yang sudah dihancurkan tadi.

7. Terakhir, tambahkan satu scoop es krim vanilla dan siram dengan susu kental manis 

Resep Stroberi Bingsu ala Korea untuk Buka Puasa, Yuk Coba!ilustrasi stroberi bingsu yang sudah jadi (youtube.com/Pearl Lok)

Ambil satu scoop es krim vanilla, lalu taruh di tengah-tengah mangkuk. Terakhir, siram es serut yang sudah diberi topping dengan susu kental manis. Taraaa, resep stroberi bingsu-nya sudah siap disajikan!

Selain stroberi, kamu bisa mengganti toppingnya dengan buah-buahan lain favorit kamu.

Gimana resep stroberi bingsu ini, gampang banget kan? Dijamin, rasanya pasti enak banget, deh!

Baca Juga: Resep Es Teh Stroberi Penghilang Dahaga saat Buka Puasa, Segar! 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya