Comscore Tracker

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!

Cocok ditemani secangkir teh atau kopi hangat #LokalIDN

Donat labu kuning memiliki rasa yang lebih enak dan manis, serta memiliki tekstur yang lembut. Donat labu kuning ini cocok banget dijadikan camilan saat sedang bersantai.

Kalau kalian penasaran dan ingin tahu bagaimana cara membuat donat labu kuning ini di rumah, kalian bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!today.com

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 5 sdm labu kukus yang sudah dihaluskan
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm ragi
  • 150 gr susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt pengembang roti
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan topping:

  • Mayones secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

2. Membuat adonannya terlebih dahulu

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!culinaryhill.com

Pertama-tama, buat adonannya terlebih dahulu. Masukkan ragi, gula pasir, dan susu cair hangat ke dalam mixer lalu mix hingga adonan tercampur rata. Kemudian diamkan adonan hingga berbuih.

Selanjutnya campur tepung terigu, labu kukus yang sudah dihaluskan, telur ayam, dan pengembang roti di dalam bowl, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Kalau sudah, tuang secara perlahan adonan ragi yang didiamkan tadi ke dalam adonan labu, lalu campur hingga tekstur adonan tidak terlalu padat atau cair.

Baca Juga: 5 Variasi Bahan Pembuatan Donat yang Wajib Kamu Cicipi Cita Rasanya

3. Diamkan adonan hingga mengembang

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!Unsplash.com/Brena Huff

Kemudian aduk bahan campuran tadi dengan menggunakan mixer atau bisa dengan menggunakan tangan hingga adonan menjadi kalis. Setelah kalis, masukkan margarin dan garam ke dalam adonan, lalu aduk lagi hingga merata.

Setelah adonan tercampur rata, diamkan adonan dalam suhu ruangan selama kurang lebih 30menit atau hingga adonan mulai mengembang.

4. Cetak adonan lalu goreng hingga kecokelatan

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!shutterstock.com/ffolas

Setelah adonan mengembang, selanjutnya giling adonan hingga mencapai ketebalan yang diinginkan, lalu cetak adonan seperti donat.

Untuk ukuran dapat disesuaikan dengan sesuai selera dan bisa mencetak menggunakan cetakan donat atau menggunakan tangan. Sebelum digoreng diamkan donat yang sudah dicetak selama beberapa menit.

Kemudian panaskan minyak goreng di atas api sedang. Setelah minyaknya panas, masukkan dan goreng adonan yang sudah dicetak. Jangan terlalu sering membolak balik adonan saat menggoreng dan goreng adonan hingga berubah warnanya menjadi cokelat keemasan. Lalu angkat dan tiriskan donat. Lakukan sampai semua bahan habis.

5. Oleskan topping lalu sajikan

Resep Donat Labu Kuning yang Lembut dan Enak, Cocok Dijadikan Camilan!yummyhealthyeasy.com

Campur 4 sdm mayonaise dan 1 sdm susu kental manis hingga rata, lalu oleskan di atas donat. Diamkan hingga topping-nya mengeras atau bisa kalian taburi atasnya dengan topping lain sesuai selera. Dan donat labu kuning pun siap untuk dihidangkan.

Kalian bisa menikmati donat labu kuning di atas saat sedang bersantai sambil ditemani secangkir teh atau kopi. Dijamin momen santai kalian akan lebih sempurna. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Kue Cincin Khas Betawi, Mirip Donat dengan Bentuk Lebih Kecil

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya