Comscore Tracker

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemula

Untukmu yang pemula dalam baking, wajib baca ini!

Kegagalan membuat kue sering kamu alami, khususnya bagi para pemula. Banyak yang bertanya-tanya mengapa hasil kuenya menjadi keras, bantat, dan gosong? Adakah yang salah dalam pembuatannya? Simak ulasannya berikut ini! 

1. Sesuaikan takaran bahan

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemulaunsplash.com/ Maranda Vandergriff

Takaran bahan memegang kunci dalam proses pembuatan kue. Proporsi timbangan yang tidak pas sangat berpengaruh pada keseimbangan adonan dan kue yang dihasilkan. Perhatikan setiap gram takaran bahan untuk menghasilkan kue yang sempurna!

2. Perhatikan step by step pencampuran adonan

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemulaunsplash.com/ Charisse Kenion

Proses mencampurkan adonan membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Step by step pencampuran adonan harus dilakukan secara berurutan mengikuti panduan resepnya. Pencampuran adonan memiliki urutan tahapan yang pasti dan tidak boleh ada yang dilewatkan. Apabila ada tahapan yang terlewat, maka kamu harus mengulanginya dari awal.

Baca Juga: 5 Teknik Memanggang dari Baking Hingga Toasted, Pahami Biar Jago Masak

3. Pastikan adonan diaduk dengan merata sempurna

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemulaunsplash.com/ Sigmund

Campuran adonan yang tidak merata akan menyebabkan adonan yang bergerindil dan berdampak pada tekstur kue yang dihasilkan. Pastikan adonan telah tercampur rata sebelum masuk ke dalam loyang.

4. Cek suhu oven

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemulaunsplash.com/ Manki Kim

Suhu oven memiliki peranan penting dalam proses pematangan adonan kue. Setting suhu dilakukan sebelum adonan kue masuk kedalam oven sehingga panas yang dihasilkan akan stabil dan optimal. Jangan sekali-sekali memasukkan adonan kue ke dalam oven yang belum dipanaskan karena berakibat fatal pada kematangan kue yang dihasilkan.

5. Jangan buka oven ketika dalam proses pematangan adonan

5 Tips Membuat Adonan Kue Anti Gagal, Cocok untuk Pemulaunsplash.com/ Toa Heftiba

Adonan kue membutuhkan suhu optimum untuk dapat mengembang dengan sempurna. Untuk itu jangan sekali-sekali membuka oven ketika adonan dalam proses pematangan.

Membuka oven ketika sedang proses pemanggangan membuat suhunya menjadi turun. Jika hal tersebut dilakukan, maka adonan menjadi bantat dan keras.Tunggu sampai adonan mengembang sempurna, kemudian tusuk dengan lidi untuk melihat tingkat kematangan kue yang diinginkan.

Ikuti tips di atas dan hasil kue bikinanmu pasti memuaskan! Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Membuat Soft Baked Cookies, Kue Kekinian yang Lembut Banget

Tegar Baharudin Photo Writer Tegar Baharudin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya