Comscore Tracker

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!

Aroma pandannya begitu menggoda

Indonesia memiliki begitu banyak jenis kue nikmat yang bikin kita ketagihan. Tak hanya enak, bentuk dan tampilannya pun sangat cantik, seperti kue zebra misalnya.

Kalau kamu salah satu penggemar kue ini, sesekali cobalah yang pandan, biar gak bosan dengan yang original. Aromanya harum banget, warnanya pun lebih cantik.

Gak perlu repot-repot beli di luar dengan harga mahal, sesekali cobalah membuat kue zebra kukus pandan sendiri. Berikut resepnya yang bisa kamu coba.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!chatelaine.com

Bahan-bahan:

  • 100 gram mentega, lelehkan
  • 100 gram gula pasir
  • 80 gram tepung terigu
  • 10 gram susu bubuk
  • 10 gram emilsifier
  • 10 gram tepung maizena
  • 2 butir telur
  • 2 sdm pasta pandan
  • 1/2 sdt baking powder

2. Campur gula pasir dengan bahan lainnya

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!thewholesomedish.com

Sebelum mengolah bahan menjadi adonan, siapkan loyang dan alasi dengan baking paper. Kalau tak ada, cukup diolesi dengan mentega secukupnya saja. Kemudian, panaskan pula panci kukusannya.

Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer. Atur dengan kecepatan sedang sampai adonan mengental dan berwarna putih kaku. Biarkan sebentar.

3. Ayak campuran tepung ke dalam adonan

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!bobsredmill.com

Masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder ke dalam wadah. Aduk sampai tercampur merata, lalu ayak sampai halus ke dalam adonan telur.

Selanjutnya, aduk adonan bersama lelehan mentega sampai tercampur rata. Gak perlu pakai mixer, cukup aduk dengan teknik aduk balik dengan spatula kayu.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalap

4. Aduk adonan dengan pasta pandan

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!leisurearts.com

Jika tekstur adonan sudah sesuai tingkat kekentalannya, segera bagi menjadi dua. Tuang pasta pandan ke salah satu adonan dan aduk sampai warnanya berubah menjadi hijau.

Setelah itu, tuang adonan pandan ke dalam loyang terlebih dahulu, lalu berikan dua sendok makan adonan putih. Aduk atau acak adonan supaya memberikan tekstur saat matang.

5. Kukus kue hingga matang

Resep Membuat Kue Zebra Kukus Pandan, Lembut dan Manisnya Juara!instagram.com/maria_perameswari

Ulangi langkah menuang adonan ke dalam loyang sampai habis. Kukus kue selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan mengembang.

Jika sudah matang, segera keluarkan kue dari dalam panci dan loyang. Potong kue saat sudah benar-benar dingin. Kue zebra kukus pandan siap dinikmati bersama teh atau kopi, nih.

Itulah bahan dan cara membuat kue zebra kukus pandan yang sederhana. Teman yang tepat untuk santai ataupun di tengah aktivitasmu, deh!

Baca Juga: Resep Bolu Susu Lembang yang Super Lembut dan Creamy, Gak Perlu Oven 

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya