Comscore Tracker

Resep Membuat Pisang Plenet, Kuliner Manis dan Enak dari Semarang

Teman ngeteh saat santai sore

Dimakan biasa saja, pisang sudah terasa nikmat. Namun, kita bisa mengolah pisang jadi beragam camilan yang menggoyang lidah. Pisang plenet asli Semarang misalnya.

Dalam Bahasa Jawa, plenet berarti ditekan hingga pipih. Kuliner satu ini bakal terasa menggoyang lidah, apalagi disajikan dengan beragam topping. Berikut resep dan cara membuat pisang plenet yang enak dan mudah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Pisang Plenet, Kuliner Manis dan Enak dari Semarangthespruceeats.com

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang kepok matang
  • 100 gram keju cheddar
  • 2 sdm mentega
  • 3 sdm meses
  • gula halus secukupnya

2. Kupas dan bakar pisang hingga matang

Resep Membuat Pisang Plenet, Kuliner Manis dan Enak dari Semarangfreepik.com

Kupas dulu pisang sampai bersih, lalu letakkan di atas talenan. Potong pisang jadi dua dengan ukuran yang seragam, lakukan sampai pisangnya habis. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, bakar seluruh potongan pisang tersebut di atas kompor. Kamu bisa menggunakan garpu atau tusuk sate untuk memeganginya. Bakar pisang secukupnya, lalu sisihkan.

Baca Juga: Resep Membuat Brownies Pisang Cokelat, Camilan Lembut Saat Santai

3. Pipihkan pisang dengan talenan

Resep Membuat Pisang Plenet, Kuliner Manis dan Enak dari Semarangasweetpeachef.com

Letakkan pisang bakar di antara plastik yang sudah dibaluri dengan mentega. Pipihkan pisang dengan bantuan talenan, namun jangan sampai terlalu lembut, ya.

Siapkan teflon di atas kompor dan panaskan sedikit mentega di dalamnya. Bakar kembali pisang sampai matang sempurna. Lakukan proses ini sampai pisangnya habis, lalu sisihkan hingga dingin.

4. Sajikan dengan taburan meses dan keju

Resep Membuat Pisang Plenet, Kuliner Manis dan Enak dari Semaranginstagram.com/foodfiestaindonesia

Setelah pisang plenet cukup hangat, segera sajikan di atas piring. Olesi kembali bagian atasnya dengan sedikit mentega. Taburi dengan meses dan ayakan gula halus secukupnya.

Berikan pula taburan keju cheddar parut bila suka. Nah, pisang plenet yang garing dan nikmat ini sudah bisa kamu nikmati untuk camilan di rumah.

Itulah resep membuat pisang plenet khas Semarang yang menggugah selera. Caranya praktis, bahan yang diperlukan pun murah meriah. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Keripik Pisang Cokelat yang Enak dan Kriuk, Begini Caranya!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya