Comscore Tracker

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisan

Tekstur lembutnya siap manjakan lidah

Egg tart adalah kue yang cukup populer di kawasan Hongkong dan Makau. Kue ini terbuat dari adonan pastry yang diberi isian berupa custard. Rasanya yang manis dan gurih membuat egg tart cukup digemari oleh banyak orang.

Tak perlu jauh-jauh ke Hongkong atau Makau untuk mencicipi kue ini karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat egg tart cukup mudah didapatkan, kok. Cara membuatnya juga tidak ribet. Langsung simak resep egg tart yang bisa kamu praktikkan di rumah ini, yuk!

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisanilustrasi mentega dan tepung (pexels.com/@markusspiske)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat egg tart dibagi menjadi dua jenis. Berikut adalah bahan-bahan tersebut.

Bahan pastry:

  • 150 gram tepung terigu
  • 35 gram mentega tawar
  • 65 gram air
  • 2 gram garam
  • 3 gram gula
  • 80 gram mentega tawar (untuk olesan pastry)

Bahan custard:

  • 6 butir telur
  • 135 gram gula
  • 25 gram tepung maizena
  • 370 gram whipping cream
  • 250 gram susu
  • 8 gram pasta vanila

2. Buat adonan pastry 

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisanilustrasi adonan pastry (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat pastry atau kulit egg tart, pertama campurkan mentega tawar dan tepung terigu dalam wadah. Tambahkan air, gula, dan garam, lalu aduk semua bahan. Kemudian, uleni hingga menjadi adonan yang kalis.

Setelah itu, gilas adonan hingga pipih menggunakan penggilas. Kemudian, olesi pastry tersebut dengan mentega tawar secukupnya. Lalu, lipat pastry dan bungkus dengan plastik wrap. Masukkan adonan pastry ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

Baca Juga: 6 Jenis Egg Tart Khas Inggris Paling Favorit, Lembut Banget!

3. Gulung pastry dan masukkan dalam kulkas 

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisanilustrasi adonan pastry (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah pastry dimasukkan di dalam kulkas selama satu jam, keluarkan adonan tersebut. Gilas kembali hingga bentuknya pipih.

Lalu, olesi dengan mentega tawar. Kemudian, lipat adonan pastry tersebut dan bungkus dengan plastik wrap. Masukkan dalam kulkas selama 30 menit. Setelah dimasukkan dalam kulkas selama 30 menit, lakukan langkah yang sama satu kali lagi.

4. Buat custard untuk isi egg tart

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisanilustrasi adonan custard (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat custard sebagai bahan isian egg tart, pertama-tama kocoklah kuning telur dengan menggunakan whisk. Tambahkan gula, lalu aduk hingga kedua bahan tercampur. Kemudian, masukkan tepung maizena. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian sisihkan.

Panaskan panci, lalu masak whipping cream, susu, dan pasta vanila dengan api kecil. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dan campurkan pada adonan yang telah dibuat tadi.

5. Tuang custard dalam pastry yang telah dibentuk di loyang dan panggang hingga matang 

Resep Egg Tart yang Lembut, Cocok Jadi Sajian Saat Arisanilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Potong pastry yang telah didinginkan tadi menjadi bagian-bagian kecil yang sama besar. Masukkan dalam loyang yang telah diolesi mentega. Bentuk pastry tadi menyerupai wadah di loyang. Kemudian, tuang custard dalam pastry hingga terisi ¾ bagian.

Panggang dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang dengan suhu sebesar 180 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat dari dalam loyang dan sajikan selagi hangat.

Egg tart cocok jadi kudapan saat santai atau untuk sajian pada acara-acara tertentu. Tekstur lembut egg tart dijamin akan memanjakan lidahmu. Jadi, tunggu apalagi? Langsung praktikkan resep ini di rumah, ya!

Baca Juga: 5 Variasi Rasa Olahan Egg Tart untuk Teman Minum Teh, Coba Yuk!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya