Comscore Tracker

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijian

Alternatif buat yang gak doyan susu sapi

Olahan minuman susu sapi diklaim menyehatkan tubuh. Namun, karena gak semua orang doyan, banyak dari mereka yang mengganti konsumsi susu sapi dengan multigrain milk atau susu dari biji-bijian.

Buat yang alergi dengan susu sapi, olahan susu biji-bijian ini bisa jadi alternatif untuk penuhi nutrisi harianmu. Nah, bila tertarik membuatnya, simak dan ikuti resep susu multigrain ala Vsoy dari influencer Kelinci Tertidur berikut ini. Rasanya mirip seperti merek susu multigrain di supermarket.

1. Siapkan bahan

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijianilustrasi kedelai dan susu kedelai (freepik.com/jcomp)

Menyiapkan bahan premium susu multigrain ala Vsoy, dapat menentukan kadar kualitas dan nutrisinya. Untuk itu, silakan catat bahan-bahan berikut ini.

  • 400 gram biji kedelai 
  • 3 liter air matang, bagi jadi 2 bagian
  • 113 cup biji barley atau jelai
  • 2 sdm biji wijen hitam
  • 50 gram beras merah
  • 40 gram kurma atau madu untuk pemanis

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Dalgona Coffee Susu Kedelai

2. Rendam biji kedelai

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijianilustrasi biji kedelai (kqed.org/Kate Williams)

Untuk meracik susu multigrain ala Vsoy, pertama rendam biji kedelai dengan 1,5 liter air matang selama satu malam dalam wadah. Kemudian, remas-remas biji kedelai, supaya terpisah dengan kulit airnya. 

3. Rendam pula biji barley, wijen, kurma, dan beras merah

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijianilustrasi biji-bijian utuh (unsplash.com/Maddi Bazzocco)

Selain itu, rendam pula biji barley, wijen hitam, kurma, dan beras merah pada masing-masing wadah selama semalaman. Aduk-aduk dan bersihkan kotoran yang menempel pada tiap bijinya. Kemudian, buang air rendamannya.

4. Haluskan semua bahan dengan air lalu saring

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijianilustrasi menyaring (youtube.com/한세HANSE)

Siapkan wadah, lumat atau haluskan biji kedelai, barley, wijen, kurma, dan beras merah yang sudah direndam dengan 1,5 liter air matang. Selanjutnya, saring bahan dengan kain saringan tahulalu peras menggunakan tangan hingga seluruh airnya keluar.

5. Panaskan dan hidangkan

Resep Susu Multigrain ala Vsoy, Minuman Sehat dari Biji-bijianIlustrasi manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh (Instagram.com/sabalin)

Apabila semua bahan susu multigrain sudah diperas, masak di atas kompor, sambil terus diaduk. Gunakan api kecil dan masak sampai matang. Setelah itu, pindahkan ke gelas saji, dinginkan, lalu sajikan. Kalau pengin lebih segar, kamu bisa menikmatinya dengan tambahan es batu

Nah, itu resep susu multigrain ala Vsoy yang bisa dicoba di rumah. Dijamin sehat dan rasanya enak, lho! Jika butuh resep menu sehat lain, cek bahan dan cara membuatnya di IDN Times.

Baca Juga: 10 Resep Puding Susu yang Lembut dan Manis, Gampang Banget Bikinnya

yummy-banner

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya