Comscore Tracker

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jahe

Gak kalah enak dengan buatan restoran

Saat ke Singapura, kurang lengkap bila tidak mencoba nasi ayam hainan. Apalagi sambal jahenya yang membuat nafsu makan bertambah, nih. Cita rasanya membuat siapa pun enggan pulang dari Singapura, deh!

Namun, kamu tak perlu jauh-jauh ke Singapura karena bisa membuat sendiri sambal hainan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Seenak buatan restoran, ini dia resep sambal hainan ala Singapura yang praktis. Cocok untuk pelengkap lauk, nih!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jaheilustrasi bahan-bahan yang diperlukan saat memasak sambal hainan dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan-bahan:

  • 12 buah cabai keriting merah
  • 3 cabai rawit atau sesuai selera
  • 3 cm jahe
  • 1 bonggol kecil bawang putih
  • 50 ml minyak goreng
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1,5 sdm cuka beras
  • 1-2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • penyedap secukupnya
  • air secukupnya

2. Potong dan kupas bahan-bahan

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jaheilustrasi saat memotong cabai merah keriting dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Jahe dan bawang putih menjadi kunci utama dari kelezatan sambal hainan. Maka dari itu, kedua bahan ini tidak boleh dilewatkan saat memasak sambal ala Singapura ini.

Untuk langkah pertama, kupas jahe dan bawang putih, kemudian potong sesuai selera. Sebaiknya jahe dipotong tipis untuk memutus seratnya.

Setelah itu, barulah buang tangkai cabai dan potong sesuai selera sebelum dihaluskan. Dalam menghaluskan bahan-bahan ini, kamu bisa memakai blender atau food processor.

3. Atur tekstur dan tingkat kepedasan sesuai selera

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jaheilustrasi saat memasukkan bahan-bahan ke dalam food processor dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bila membuat sambal hainan sendiri, kamu bisa mengatur tekstur dan tingkat kepedasan sesuai selera, lho. Misalnya, bila ingin sambal hainan yang pedas, kamu bisa menambah jumlah cabai rawit yang digunakan.

Teksturnya pun bisa kamu atur sesuai dengan yang diinginkan. Kamu bisa menghaluskan bahan-bahan di tingkat yang kasar, sedang atau benar-benar halus, nih. Kemudian, masak sambal dengan memakai panci kecil yang telah dipanaskan.

Baca Juga: Resep Nasi Ayam Hainan, Kuliner Lezat Khas Restoran Negeri Singa

4. Panaskan panci untuk memasak sambal

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jaheilustrasi saat akan memasak sambal dengan panci kecil dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Sebelum menghaluskan bahan-bahan dengan blender atau food processor, pastikan kamu sudah menambahkan minyak goreng secukupnya. Sembari itu, panaskan panci kecil untuk memasak sambal. Masak sambal hingga kering dan matang.

Setelah itu, barulah tambahkan air dan bumbui sambal dengan penyedap rasa, garam, dan gula pasir. Jangan lupa diberi minyak wijen dan cuka beras sesuai takaran, ya. Namun, bila kamu memakai cuka meja, takarannya bisa dikurangi setengahnya.

5. Tips supaya sambal hainan lebih tahan lama

Resep Sambal Hainan Khas Singapura, Enak karena Pakai Jaheilustrasi saat memindahkan sambal ke dalam wadah tertutup dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Umumnya, sambal hainan bertekstur encer bisa tahan hingga dua minggu bila ditaruh di dalam lemari es. Namun, bila ingin menyimpan sambal hainan untuk stok di rumah, kamu bisa memasaknya sedikit lebih lama hingga mengeluarkan minyak.

Setelah matang, diamkan sambal hainan hingga suhunya turun. Kemudian, pindah ke dalam wadah tertutup atau botol kaca supaya sambal lebih tahan lama saat disimpan di dalam lemari es. Sajikan sambal hainan dengan chinese food favoritmu, ya!

Sambal hainan identik dengan cita rasanya yang beragam, seperti asin, gurih, asam, dan manis. Jahe dan bawang putih menjadi dua komponen penting yang tidak boleh terlupa saat membuat sambal hainan, lho. Yuk, coba masak sendiri di rumah!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya