Comscore Tracker

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!

Asam dan pedasnya menyatu sempurna

Gurami dikenal sebagai ikan tawar yang banyak disukai oleh orang-orang di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kalau di Indonesia, ikan ini diolah dengan cara digoreng atau bakar. 

Sambal selalu menjadi teman yang pas untuk ikan goreng. Rasa pedas nikmatnya selalu membuat nafsu makan kian bertambah.

Salah satu kreasi gurami yang wajib kamu coba adalah digoreng, lalu disajikan dengan sambal belimbing wuluh. Wah, sekali cobain pasti mau lagi, deh!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!ilustrasi ikan (pixabay.com/RitaE)

Bahan utama:

  • 1 ekor ikan gurami
  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya

Bahan sambal: 

  • 6 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 3 buah cabai hijau
  • 3 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 buah belimbing wuluh
  • 1 buah tomat
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya

2. Goreng ikan sampai berwarna keemasan

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!Iluatrasi menggoreng ikan (Instagram.com/seratsinebar)

Cuci ikan dengan air mengalir, lalu bersihkan kotoran yang ada di dalam tubuh ikan. Baluri ikan dengan campuran kunyit, garam, dan jeruk nipis. Aduk hingga seluruh bagiannya terbaluri merata.

Setelah itu, biarkan selama 15 menit supaya bumbu meresap ke dalam. Kalau sudah, goreng ikan di dalam minyak panas sampai matang. Tunggu hingga ikan berwarna keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

3. Iris tipis bahan untuk membuat sambal

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!ilustrasi mengiris bahan untuk membuat sambal (pixabay.com/sansoja)

Kupas bawang putih dan merah dari kulitnya, lalu iris tipis-tipis. Cuci bersih cabai merah, cabai hijau, rawit, dan tomat dengan air mengalir. Iris kembali semua bahan tersebut.

Untuk cabai, iris dengan cara melintang dan potong dadu tomat dengan ukuran sama. Bersihkan belimbing wuluh dan potong-potong, lalu sisihkan.

Baca Juga: Resep Ikan Gurami Sambal Dabu-dabu yang Kriuk dan Pedas Jadi Satu

4. Tumis bumbu sampai harum dan siram sambal di atas ikan goreng

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!ilustrasi gurame goreng sambal belimbing wuluh (instagram.com/yscooking)

Tumis bawang putih dan merah, lalu masukkan cabai. Aduk sampai tercium bau wangi. Kemudian, masukkan tomat dan belimbing.

Selanjutnya, masukkan bumbu dan aduk sampai merata, lalu angkat. Tata ikan di piring bersih dan siram sambal belimbing wuluh di atasnya. Sajikan gurami goreng sambal belimbing wuluh selagi hangat.

5. Tips memilih ikan gurami yang segar

Resep Gurami Goreng Sambal Belimbing Wuluh, Segarnya Mantap!ilustrasi ikan gurame (instagram.com/bakul_kerang_kepiting_lobster)

Hindari memilih gurami berukuran terlalu besar karena kamu akan mendapat tekstur daging yang keras dan alot. Pilihlah ikan gurami dengan insang berwarna merah hati dan mata menonjol keluar.

Gurami yang masih segar memiliki sisik mengkilap, ya. Ketika ditekan, kondisi gurami yang kencang menandakan ikan tersebut masih segar dan cocok untuk diolah menjadi masakan.

Gurami goreng sambal belimbing wuluh ini memiliki rasa asam dan pedas yang menyegarkan. Dinikmati dengan nasi hangat, dijamin bakal bikin kalap, deh. Yuk, coba bikin menu nikmat ini untuk menu makan siang nanti.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Lauk Berbahan Ikan Lele, Bikin Nambah Nafsu Makan

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Be youself and do what you like 💜

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya