Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakan

Mudah dilakukan sendiri di rumah

Bagi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di daerah Bogor, tentu tak ada yang tak mengenal talas, bukan? Tumbuhan umbi-umbian ini memang cukup banyak ditemukan di Bogor dan justru sering dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan yang datang.

Talas sendiri dapat diolah menjadi beraneka ragam menu yang tentunya lezat dan menggugah selera. Namun, terkadang bila proses pengolahannya tak tepat, maka efeknya justru akan memberikan rasa gatal setelah dimakan. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips mengolah talas agar tak memberikan efek gatal setelahnya, berikut lima daftarnya. 

1. Pilihlah talas yang masih segar

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakanm.apkpure.com

Jika kamu ingin mendapatkan talas dengan cita rasa yang berkualitas, maka kamu juga harus memilih talas yang segar dan berkualitas bagus. Oleh sebab itu, kamu patut lebih selektif dalam membeli talas.

Talas yang masih segar cenderung memiliki kadar kandungan lebih rendah untuk zat yang memberikan efek gatal. Selain itu, talas yang segar juga teksturnya lebih keras dan tak memiliki banyak bintik. Semakin banyak bintik, maka semakin lama talas telah disimpan. 

2. Menjemur talas yang telah dikupas

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakanharvesttotable.com

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membuat talas tidak memberikan efek gatal adalah dengan menjemurnya di bawah matahari langsung. Talas yang akan dijemur adalah talas yang sudah dibersihkan atau dikupas.

Proses penjemuran yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini bertujuan untuk membuat zat yang dapat menyebabkan rasa gatal tersebut menjadi menguap. Selain itu, jangan jemur talas terlalu lama karena nantinya akan menyebabkan teksturnya terlalu kering. 

Baca Juga: 5 Jenis Olahan Talas yang Bisa Bikin Mulutmu Sulit Berhenti Makan

3. Mencuci di bawah air mengalir

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakan52kitchenadventures.com

Cara yang satu ini dapat kamu lakukan setelah atau sebelumnya menjemurnya. Kamu dapat mencuci talas di bawah air mengalir untuk menghilangkan getah yang masih menempel pada permukaannya.

Selain itu, mencuci talas juga dapat membantu dalam menghilangkan kotoran pada talas. Terus cuci hingga air rendaman tidak keruh lagi. Gunakan sarung tangan agar aman dari getah talas.

4. Merendam di dalam air garam

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakanm.timesofindia.com

Meskipun telah memastikan bahwa talas telah bersih sempurna saat dicuci, namun hal tersebut bukanlah jaminan. Kamu dapat memaksimalkan proses untuk menghilangkan getah dengan cara merendamnya dengan air garam. Rendamlah selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Selain untuk menghilangkan getah, garam juga ampuh dalam memberikan sensasi rasa gurih. 

5. Mulailah mengolah talas

5 Tips Mengolah Talas agar Tidak Memberikan Efek Gatal Saat Dimakanheavenphoto.com

Untuk memastikan efek gatalnya tak ada lagi, kamu dapat mulai untuk mengolah talas dengan cara menggorengnya. Namun, pastikan untuk mengolahnya hingga benar-benar matang karena hal tersebut akan membantu menguapkan zat penyebab efek gatal pada talas. Selain itu, talas yang renyah tentu saja akan semakin lezat dikonsumsi. 

Nah, beberapa tips dalam mengolah talas di atas dapat menjadi informasi untukmu yang akan mengolah talas sendiri di rumah. Sangat mudah diingat, bukan?

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Boba Ubi Ungu yang Kenyal dan Lembut, Wajib Coba!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya