Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezat

Bikin gak bisa berpaling deh

Steak atau bistik merupakan sejenis makanan utama yang terbuat dari sepotong daging besar yang diolah dengan cara memanggangnya. Umumnya jenis steak seringkali kita temukan di beberapa jrestoran yang menawarkan sensasi menikmati steak dengan cita rasa yang tidak biasa.

Dibalik cita rasanya yang lezat dan menggugah selera, sudah tahukah kamu mengenai fakta menarik seputar daging steak?

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar daging steak yang lezat, simak yuk apa saja!

1. Teknik memotong daging

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezatyouworkforthem.com

Tahukah kamu bahwa ternyata rata-rata daging yang digunakan untuk olahan steak akan dipotong sesuai dengan serat otot secara tegak lurus? Inilah yang konon katanya akan memberikan cita rasa sensasi dan kelegitan tersendiri sehingga akan sangat lezat saat steak tersebut dikonsumsi.

2. Tidak selalu daging sapi

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezatwildmeat.co.uk

Kita mungkin akan umum mengenal bahwa steak merupakan olahan yang terbuat dari daging sapi, padahal tidak selalu begitu. Ada beberapa jenis daging yang biasa digunakan untuk olahan steak, sebut saja daging domba, rusa, unta, bison, dan lain sebagainya. Pemilhan jenis daging tentu saja dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Baca Juga: 5 Trik Mujarab Supaya Beef Steak Jadi Empuk dan Juicy, Coba Deh!

3. Tingkat kematangan

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezatmychicagosteak.com

Tidak seperti jenis hidangan lain, untuk kamu yang sering mengonsumsi olahan ini tentu saja tidak akan asing dengan beberapa jenis tingkat kematangan yang disuguhkan dari steak. Sebut saja seperti seared, blue rare, dan very rare yang memiliki karakteristik bagian luarnya terbakar, namun bagian dalam masih mentah karena dibakar secara cepat. Sementara untuk tingkat kematangan rare merupakan steak yang dimasak pada suhu 52 derajat celsius dan medium rare dengan suhu 55 derajat celsius.

4. Makna nama steak

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezatchefsteps.com

Konon nama steak berasal dari kata steik yang merupakan bahasa Skandinavia yang berada pada pertengahan abad ke-15. Sementara untuk referensi dari The Oxford English Dictionary, kata steak bermakna irisan daging tebal yang dipanggang atau digoreng. Inilah yang menjadi salah satu hal menarik dari olahan daging yang satu ini.

5. Aneka jenis steak masa kini

5 Fakta Menarik Seputar Olahan Steak, Hidangan Mewah nan Lezatpinterest.com

Ternyata untuk varian jenis steak masa kini terus berevolusi seiring perkembangan zaman di bidang kuliner. Steak menyuguhkan sensasi menikmati daging dengan berbagai varian rasa yang unik seperti barbekyu, keju leleh, pedas, bahkan varian vegan yang dapat dikonsumsi oleh para vegetarian.

Nah, 5 fakta menarik seputar steak di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal jenis hidangan utama yang satu ini. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Perbedaan Steak Sirloin vs. Tenderloin, Lebih Enak yang Mana?

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You