Comscore Tracker

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!

Jadi bisa mencoba sendiri di rumah, deh

Memanggang dengam menggunakan oven merupakan salah satu teknik pengolahan kue yang cukup sering dilakukan. Teknik ini adalah dengan memasukam adonan ke dalam oven dan memanggangnya hingga matang secara merata.

Meskipun terlihat mudah, faktanya tak mudah dalam memanggang kue. Ada beberapa hal yang menentukan keberhasilkan dari proses pemanggangan. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam memanggang kue, berikut lima daftarnya. 

1. Gunakan mentega dan terigu sebagai alas untuk loyang

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!thespruceeats.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengolesi mentega dan terigu pada permukaan loyang. Jangan terlalu banyak, tentu yang terpenting adalah semua bagian tak ada yang terlewati. Cara ini dilakukan agar adonan mudah dikeluarkan nantinya dari loyang sehingga tidak akan menempel. 

2. Gunakan loyang sesuai porsi makanan

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!cookingclassy.com

Dalam membuat kue sudah tentu telah diperhitungkan terlebih dahulu takaran dalam menentukan adonannya. Namun, banyak orang yang gagal dalam membuat kue karena penggunaan loyang yang keliru. Apabila menggunakan loyang yang terlalu besar, maka kue akan kurang mengembang. Sementara, loyang yang terlalu kecil akan membuat adonan mudah tumpah. 

Baca Juga: 8 Tempat di Jakarta untuk Beli Kue Bulan, Klasik Hingga Modern!

3. Meratakan dan mengetuk adonan

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!sallysbakingaddiction.com

Setelah memastikan adonan telah masuk semua ke dalam loyang, kamu dapat meratakannya dengan menggunakan spatula atau sendok. Cara ini dimaksudkan agar adonan dapat tersebar secara merata ke seluruh bagian loyang.

Selanjutnya, kamu dapat mengetukan loyang beberapa kali untuk menghilangkan gelembung udara di dalamnya. Jika tidak diketukkan, maka akan dikhawatirkan bagian tengah dari kue akan bolong atau justru kue menjadi lebih bantat. 

4. Perhatikan durasi pemanggangan

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!yummy.ph

Durasi pemanggangan merupakan hal terpenting yang harus kamu lakukan ketika akan membuat kue sendiri di rumah. Kamu cukup dengan memanaskan oven terlebih dahulu hingga bersuhu maksimal. Setelah itu turunkan beberapa derajat hingga mencapai suhu ideal untuk menu-menu kue pilihanmu. Pemilihan suhu yang ideal akan meratakan kematangan pada kue. 

5. Hindari membuka tutup oven terlalu sering

5 Tips Memanggang Kue Agar Hasilnya Tak Gagal, Mudah dan Efektif!britannica.com

Hal yang satu ini sangat sering dilakukan, padahal tidak direkomendasikan. Membuka tutup oven terlalu sering hanya akan membuat suhu di dalam oven turun dengan drastis. Hal ini akan membuat kue tak dapat mengembang dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan kegagalan. 

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu coba di rumah agar hasil panggangan pun dapat maksimal dan anti gagal. Sangat mudah dipraktikan di rumah, bukan? 

Baca Juga: 5 Kue Khas Nusantara Berbentuk Alat Makan Ini Manisnya Sempurna!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya