Comscore Tracker

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!

Bikin gak cuma cicipin sekali

Siapa yang tidak tahu brownies? Olahan lezat dengan teksturnya yang lembut ini memang sering menjadi pilihan banyak orang untuk dinikmati bersama keluarga. Cita rasanya yang manis dan olahannya yang mudah dibuat memang sangat cocok menjadi olahan keluarga. Namun, kamu sendiri bisa lho membuatnya di rumah. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membuat brownies yang lezat dab lembut, berikut lima daftarnya.

1. Sesuaikan bahan-bahan dengan resep yang ada

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!epicurious.com

Brownies umumnya memiliki dua jenis, yaitu fudgy yang memiliki tekstur keras dan cakey yang memiliki tekstur lembut. Perbedaannya terletak pada penggunaan baking powder. Jenis brownies fudgy tidak menggunakan baking powder, selain itu mengandung cokelat dan mentega yang lebih banyak. Sementara, untuk jenis brownies cakey justru sebaliknya. 

2. Pemilihan cokelat yang tepat

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!kpkandies.biz

Sudah bukan rahasia lagi bila memang pemilihan cokelat menjadi kunci utama dalam membuat brownies. Tidak disarankan untukmu menggunakan cokelat bubuk karena justru akan membuat brownies buatanmu menjadi lebih kering.

Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk menggunakan cokelat dengan kandungan 72% karena akan mudah meleleh dengan tampilan yang lebih bagus. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Brownies Teflon, Gak Perlu Oven dan Mixer

3. Biarkan cokelat di suhu ruang

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!weightwatchers.com

Ketika melelehkan cokelat, tentunya secara otomatis akan membuat suhu pada cokelat menjadi lebih panas dan tinggi. Namun, jangan buru-buru langsung menuangkannya pada adonan. Letakkan sebentar cokelat hingga suhunya mendekati suhu ruang. Apabila kamu menuangkan cokelat bersuhu tinggi ke dalam adonan, dikhawatirkan telurnya justru akan matang dan membuat adonan jadi tak bagus. 

4. Gunakan loyang yang tepat

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!popsugar.com

Penggunaan loyang juga menjadi kunci utama dalam menentukan hasil dari brownies. Menggunakan loyang yang kebesaran justru hanya akan membuat brownies buatanmu menjadi tipis dan terlalu matang. Sementara, loyang yang kekecilan justru membuat browniesmu menjadi terlalu tebal dengan kematangan yang tidak merata. Tak heran bila memang pemilihannya harus lah tepat. 

5. Durasi pemanggangan 

5 Tips Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal, Kesukaan Keluarga!whiskaffair.com

Tentunya kunci utama dalam membuat brownies adalah durasi memanggangnya. Cukup panggang brownies selama kurang lebih 30-40 menitan saja. Gunakan timer bila kamu memanggangnya secara manual. Gunakan tusuk gigi untuk memastikan apakah brownies sudah matang merata atau belum. 

Nah, beberapa tips membuat brownies di atas dapat membantumu dalam membuat olahan manis yang satu ini. Yuk, praktikan! 

Baca Juga: 8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya