Comscore Tracker

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies 

Ternyata gak semudah yang dibayangkan

Jika kamu merasa skill membuat brownies masih kurang, mungkin ada beberapa hal yang terlewatkan saat membuatnya. Mulai dari terlalu banyak menambahkan bubuk cokelat, atau justru mengurangi kadar gula?

Nah, supaya skill membuat brownies kamu meningkat bak chef profesional, yuk simak beberapa kesalahan dalam membuat brownies berikut ini!

1. Terlalu banyak tepung

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies wikihow.com

Membuat brownies gak perlu menggunakan banyak tepung. Biasanya hanya membutuhkan setidaknya dua cangkir tepung. Kalau kamu menambahkan terlalu banyak tepung, maka brownies akan terlalu kering dan terasa seperti basi.

2. Overbaking

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies belgiansmaak.com

Brownies yang overbaking bisa dilihat dari tes tusuk gigi. Caranya, masukkan tusuk gigi ke dalam brownies yang sedang dipanggang.

Brownies yang berhasil bisa dilihat dari remah-remah yang keluar setelah melepas tusuk gigi. Jika gak ada tanda tersebut, berarti brownies yang kamu buat overbaking

3. Terlalu banyak bubuk cokelat

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies thisgrandmaisfun.com

Walaupun kamu sangat menyukai cokelat, tapi bukan berarti harus memasukkan bubuk cokelat dengan sangat banyak. Karena hal itu gak akan memberikan rasa cokelat yang kuat. Sebaliknya, justru membuat rasa brownies menjadi enek. 

4. Terlalu banyak telur

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies newfoodtuesdayz.com

Mungkin sebagian orang merasa menambahkan banyak telur akan membuat tekstur brownies jadi makin bagus. Padahal, terlalu banyak telur akan membuat brownies memiliki rasa telur yang kuat.

Bahkan, setelah dikeluarkan dari oven akan terlihat seperti souffle, yakni kue cangkir yang berbahan dasar telur. 

5. Kurang gula

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies jessicagavin.com

Untuk memperkuat rasa cokelat, sebagian orang mencoba cara dengan mengurangi gula. Padahal ketika kadar gula sedikit, maka hasilnya akan membuat brownies menjadi hambar dan terasa kering. Maka dari itu, mengurangi gula berarti membuat rasa brownies menjadi hambar. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!

6. Terlalu banyak mentega

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies onceuponachef.com

Menambahkan banyak mentega ke dalam brownies ternyata gak selalu membuat rasanya lebih enak. Karena ketika terlalu banyak mentega, maka brownies akan menjadi sangat fudgy. Teksturnya jadi licin dan berminyak.

7. Hanya menggunakan kuning telur

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies inspiredtaste.net

Untuk membuat tekstur brownies yang fudgy, gak cukup hanya menggunakan kuning telur. Ini akan menghasilkan brownies yang kering, rapuh, dan terasa enek. 

8. Terlalu cepat memotongnya

8 Kesalahan Simpel yang Paling Sering Dilakukan Saat Membuat Brownies lovetobeinthekitchen.com

Setelah brownies matang, sebaiknya jangan langsung memotongnya. Untuk mendapatkan brownies dengan bentuk kotak yang rapi, biarkan dulu hingga dingin dalam suhu ruangan. Dengan begini, kamu bisa memotong brownies dengan gampang dan gak mudah hancur.

Itulah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan saat membuat brownies. Hayo...kamu paling sering melakukan kesalahan nomor berapa, nih?

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Fried Chicken Jadi Gak Krispi, Sayang Banget

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya