Comscore Tracker

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat Dikonsumsi

Sekarang sudah tidak perlu ragu lagi makan petai deh

Petai sudah pasti sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia khususnya karena banyak sekali berbagai panganan atau bahkan penjual yang menjajakan petai sebagai dagangannya.

Petai sendiri dikategorikan sebagai polong-polongan yang bijinya biasa dikonsumsi saat masih muda, baik secara mentah maupun diolah terlebih dahulu.

Namun, di balik kelezatan rasanya tentu saja tidak jarang banyak orang yang menolak mengonsumsi petai karena bau yang dihasilkan setelahnya. Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan teknik mengolah petai sebelum mengonsumsinya. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengolah pete agar tidak bau saat dimakan, simak yuk apa saja tipsnya!

1. Membakar petai

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat Dikonsumsideskgram.net

Proses pemasakan dengan cara membakarnya ternyata ampuh dalam menghilangkan bau pada petai sehingga petai pun akan lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Cara pembakarannya adalah dengan membakar utuh petai beserta cangkangnya dan barulah kita dapat mengolah petai bersama dengan makanan yang akan kita masak. Rasanya tentu akan jauh lebih nikmat, lezat, dan bau petai pun dapat berkurang.

2. Menggoreng hingga layu

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat Dikonsumsimyasiankitchenny.com

Tidak hanya membakar petai untuk mengurangi bau yang dihasilkan, tetapi menggoreng juga dapat dilakukan sebagai cara lainnya dalam mengurangi bau pada petai.

Kita dapat menggoreng petai dalam api kecil hingga petai menjadi layu. Konon cara memasak seperti ini akan bermanfaat untuk mengurangi bau dari petai dan memberikan rasa gurih tersendiri sebelum akhirnya diolah menjadi hidangan lezat.

Baca Juga: 12 Alasan Kenapa Petai Jadi Sayuran yang Paling Dicari di Masa Depan

3. Merebus petai dengan kulitnya

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat DikonsumsiYouTube/Jengka Boy

Teknik memasak selanjutnya adalah dengan cara merebus petai beserta kulitnya hingga layu dan empuk. Teknik memasak seperti ini cukup ampuh dalam mengurangi bau yang dihasilkan dari petai sekaligus akan memberikan tekstur dan konsistensi lembut saat mencicipinya.

Kita dapat mendiamkan terlebih dahulu petai setelah direbus sebelum kemudian menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan beberapa hidangan lezat.

4. Mengukus petai

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat Dikonsumsifreemalaysiatoday.com

Teknik untuk menghilangkan bau pada petai yang satu ini cukup terkenal di daratan Jawa termasuk Jawa Barat. Fungsi utama dari pengukusan terhadap petai adalah untuk menghilangkan bau tidak enak sekaligus menambah rasa gurih tersendiri saat dinikmati.

Tentunya setelah proses pengukusan, petai yang dihasilkan akan lebih lembut untuk disantap atau kemudian diolah menjadi berbagai makanan lezat.

5. Menggunakan air garam

Cara Mengolah Pete Agar Tidak Bau Saat Dikonsumsirilis.id

Sebelum memutuskan untuk mengolah petai, kita dapat memanfaatkan air garam sebagai bahan untuk mengurangi bau dari petai tersebut. Caranya hanya dengan merendam biji petai yang sebelumnya telah dipisahkan dari kulitnya ke dalam air garam. Diamkan kurang lebih 20-30 menit dan barulah kita dapat memasak atau mengolahnya menjadi hidangan lezat.

Air garam dapat membantu mengurangi bau pada petai sekaligus memperkaya cita rasa gurih saat mencicipinya.

Nah, 5 cara mengolah pete di atas dapat kamu coba sebagai referensi dalam memasak petai agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap atau bau saat dikonsumsi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segar

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You