Comscore Tracker

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgia

Cita rasanya gak kalah autentik!

Salah satu sajian kuliner yang cukup terkenal di daerah Singkawang adalah kue talam abon. Kue talam abon merupakan jajanan khas tradisional yang menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Kue yang disajikan dengan porsi mini ini dikenal punya perpaduan rasa gurih dan asin yang tentunya gak kalah menggugah selera. Nah, berikut ini resep lengkap kue talam abon khas Singkawang. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgiailustrasi bahan (biggerbolderbaking.com)

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung beras
  • 25 gram tepung tapioka
  • 500 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt gula 
  • 1 sdt garam 

Bahan topping :

  • abon secukupnya 
  • daun seledri
  • cabai merah besar 

2. Campurkan santan bersama bahan lainnya 

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgiailustrasi membut adonan (budgetbytes.com)

Langkah pertama, siapkan daun pandan yang telah di tali simpul di dalam wadah. Lalu, cairkan santan kental dengan menambahkan air secukupnya. Campurkan ke dalam wadah bersama daun pandan. 

Jangan lupa tambahkan bahan pelengkap lainnya, seperti garam dan gula ke dalam santan. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Kue Talam yang Bikin Rasanya Jadi Gak Enak 

3. Masak santan hingga mendidih

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgiailustrasi memasak santan (thelemonbowl.com)

Siapkan adonan santan yang telah dibuat ke dalam panci. Kemudian, nyalakan api kecil dan letakkan panci berisikan santan di atas kompor, lalu masak hingga mendidih.

Jangan lupa untuk terus aduk santan secara perlahan agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan diamkan sebentar hingga uap panas dari dalam santan mulai menghilang.

4. Blender tepung bersama santan yang sudah matang

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgiailustrasi mencampur adonan (bakefromscratch.com)

Selanjutnya, siapkan blender untuk mencampurkan adonan santan bersama bahan lainnya. Masukkan santan yang telah di masak hingga mendidih ke dalam blender. Kemudian, tambahkan tepung meizena dan tepung beras. 

Blender hingga semua bahan halus dan dapat tercampur secara merata. Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal atau jika perlu saring adonan terlebih dahulu, lalu sisihkan. 

5. Kukus adonan hingga matang

Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgiailustrasi mengukus adonan (foodi.com.au)

Susun wadah cetakan untuk adonan kue talam di atas panci steamer. Jangan lupa olesi terlebih dahulu cetakan kue dengan minyak goreng agar nantinya adonan tidak lengket dan lebih mudah di lepas saat sudah matang.

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus adonan kue talam menggunakan api sedang kurang lebih selama 15-20 menit hingga matang sempurna. Jika sudah angkat dan lepas kue dari wadah. Sajikan kue talam abon dengan menambahkan topping di atasnya.

Dari beragam jenis sajian kue talam khas Singkawang, kue talam abon merupakan salah satu sajian kuliner yang bisa kamu praktikkan dengan bahan yang cukup mudah, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: Manis sampai Gurih, 6 Jenis Kue Talam yang Enak buat Camilan di Rumah

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya