Comscore Tracker

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!

Lembut dan manisnya pas banget di lidah

Pada dasarnya, cara membuat roll cake tak jauh berbeda dengan resep cake pada umumnya. Hanya teknik penyajiannya sedikit berbeda. Roll cake biasanya diisi dengan krim, lalu digulung. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera di atasnya. 

Kreasi roll cake pun juga bervariasi, salah satu yang paling laris manis adalah taro cheese roll cake. Gak harus memiliki keahlian baking yang andal, kamu bisa mempraktikkan resep taro cheese roll cake berikut ini dengan mudah, kok.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!ilustrasi bahan-bahan kue (Unsplash/Annie Spratt)

Bahan A:

  • 50 gram minyak
  • 70 gram terigu kunci
  • 2 sdm bubuk taro
  • 80 gram susu cair 
  • 1 butir telur
  • 4 kuning telur 

Bahan B:

  • 4 putih telur
  • 70 gram gula pasir
  • 1 sdm air lemon

Topping :

  • keju cheddar parut secukupnya

2. Campurkan adonan basah untuk cake

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!ilustrasi menambahkan bahan ke adonan (pexels.com/RODNAE Productions)

Pertama, panaskan minyak terlebih dahulu sampai hangat dan jangan mendidih. Kalau sudah, segera masukkan tepung terigu ke dalam minyak. Langsung aduk rata menggunakan whisk.

Setelah itu, tuang susu cair ke dalam adonan, lalu dinginkan sebentar. Kemudian, tambahkan telur dan kuning telur secara bertahap. Aduk kembali sampai tercampur merata.

3. Buat adonan maringue dari putih telur

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!ilustrasi mengocok putih telur (pexels.com/Katerina Holmes)

Siapkan mangkuk untuk membuat adonan. Masukkan putih telur, lalu kocok menggunakan mikser berkecepatan tinggi. Kemudian, tambahkan garam dan perasan jeruk hingga mengembang. 

Setelah itu, naikkan kecepatan mikser secara bertahap. Masukkan juga gula pasir secara bertahap. Kemudian, kocok kembali hingga gula larut dan adonan menjadi soft peak

Baca Juga: Resep Mocha Roll Cake, Aroma dan Rasa Kopinya Menggoda

4. Tuang adonan ke dalam loyang

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!ilustrasi mengalasi loyang dengan kertas baking (pexels.com/Felicity Tai)

Masukkan adonan maringue secara bertahap ke dalam adonan basah. Aduk lipat dengan spatula hingga tercampur rata. Pastikan gak ada adonan yang masih menggumpal.

Setelah itu, siapkan loyang berukuran 26x26 cm, lalu oleskan minyak atau alasi dengan kertas baking. Tuang adonan ke dalam loyang sambil diratakan. Hentakkan sesekali agar tak ada udara mengendap di dalam adonan.

5. Olesi kue dengan krim dan topping

Resep Taro Cheese Roll Cake, Begini Caranya biar Mengembang!ilustrasi mengoleskan krim (pexels.com/cottonbro)

Panaskan oven selama 10-15 menit. Kalau sudah panas, masukkan adonan ke dalam oven, lalu panggang hingga matang. Sesuaikan dengan oven masing-masing. 

Jika sudah matang, keluarkan dari oven. Tunggu hingga dingin, lalu olesi dengan frosting. Gulung cake sambil dipadatkan. Biarkan set dalam chiller selama 1-2 jam. Tambahkan keju untuk topping sesuai selera. 

Saat bikin kue ini, kamu perlu memperhatikan tipsnya agar kue bikinanmu dapat mengembang dan gak bantat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Klepon Roll Cake, Inovasi Jajan Jadul yang Nikmatnya Naik Level!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya