Comscore Tracker

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populer

Bisa dicoba waktu traveling ke Vietnam, nih!

Kalau di Indonesia ada gorengan populer bernama lumpia, di Vietnam ada yang hidangan yang seperti lumpia yaitu món cuốn. Salah satu yang terkenal adalah spring rolls khas Vietnam. Spring rolls merupakan salah satu makanan yang identik dengan Vietnam. Berbagai sayuran dan protein yang dibungkus dengan kertas nasi.

Spring rolls Vietnam termasuk makanan yang populer di penjuru dunia. Tak hanya spring rolls, ternyata Vietnam memiliki banyak macam rolls atau món cuốn, lho. Mulai dari yang disajikan segar hingga digoreng garing. Nah, ingin tahu món cuốn apa saja yang ada Vietnam? Artikel ini akan mengulas enam macam món cuốn tradisional dari Vietnam. Simak, yuk!

1. Chả giò

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/citron_et_elle

Chả giò merupakan spring rolls yang terkenal di Vietnam bagian selatan. Spring rolls ini terdiri dari sayuran seperti kubis dan wortel, jamur, glass noodles, kecambah, dan daging atau udang cincang. Komponen tersebut kemudian dibungkus dengan kertas nasi dan digoreng garing. Chả giò juga bisa diisi dengan tahu ataupun kepiting.

Chả giò biasanya dimakan sebagai hidangan pembuka, namun juga bisa disantap sebagai hidangan utama. Chả giò dihidangkan bersama selada, timun, saus ikan atau saus asam manis.

2. Gỏi cuốn

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/cookwithlocals

Gỏi cuốn merupakan spring rolls yang terkenal di Vietnam bahkan di dunia. Gỏi cuốn adalah spring rolls segar, yang terdiri dari potongan daging, udang, dan bihun yang dibungkus dengan kertas nasi.

Gỏi cuốn juga dapat diisi dengan tahu dan jamur untuk orang vegetarian. Selain itu isian Gỏi cuốn yang lain adalah daun mint, cilantro, timun dan jamur. Aneka rempah yang ada di goi cuon menambah aroma dari spring rolls ini. Gỏi cuốn dihidangkan bersama saus ikan, saus kacang, atau saus hoisin.  

3. Bò lá lốt

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/vietfood_daily

Tak hanya kertas nasi yang dapat menjadi pembungkus món cuốn, món cuốn bernama Bò lá lốt ini pembungkusnya berupa daun betel, hal tersebut membuat hidangan ini unik. Daging cincang yang dibumbui anek rempah dibungkus dengan daun betel kemudian dibakar di atas arang, sehingga menghasilkan sensasi smoky yang menggugah selera. 

Bò lá lốt populer di Vietnam bagian selatan. Bò lá lốt dapat dihidangkan dengan mie atau dapat dibungkus lagi dengan sayuran dan dicocolkan di saus ikan.

Baca Juga: 7 Kuliner Underrated Vietnam yang Mesti Dicoba, Jauh dari Ciri Khas!

4. Cuốn diếp

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/deliholi

Lain lagi dengan Cuốn diếp, món cuốn satu ini terdiri dari daging, udang, dan bihun yang dibungkus dengan daun mustard. Agar lebih rapat, isian yang dibungkus daun mustard kemudian diikat dengan batang daun bawang. Cuốn diếp bisa disajikan dengan saus kacang dan jahe yang kental.

5. Phở cuốn

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/lyndascatering

Phở cuốn merupakan spring rolls segar yang terdiri dari daging sapi panggang, bawang putih, bawang bombay, jahe, dan selada kemudian dibumbui dengan mint, cilantro, daun perilla, dan dibungkus dengan lembaran mie.

Lembaran mie yang dipakai adalah mie yang sama dengan mie yang ada di pho. Spring rolls ini bisa dinikmati langsung atau dicocol dengan saus yang diberi cabai dan sari calamansi. Phở cuốn biasa dimakan sebagai appetizer atau snack.

6. Bánh cuốn

Fresh dan Lezat, 6 Macam Lumpia Khas Vietnam yang Populerinstagram.com/mdguballa

Bánh cuốn merupakan món cuốn yang biasa dikonsumsi untuk sarapan atau makan siang. Bánh cuốn terdiri dari daging-dagingan atau jamur atau keduanya yang dibungkus dengan kertas nasi kukus. Hidangan ini disajikan dengan bawang goreng, saus ikan asam manis, berbagai herbs segar, dan lime-based sauce.


Nah itulah enam macam Vietnamese rolls yang segar dan menggoda. Kalau lagi traveling ke Vietnam, mana rolls yang ingin kalian coba?

Baca Juga: 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya