Comscore Tracker

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan Seadanya

Kapan lagi makan camilan enak dengan harga murah meriah?

Cilok pasti sudah tidak asing bagi kamu. Jajanan yang terbuat dari tepung tapioka ini begitu digemari oleh hampir semua kalangan.

Biasanya, cilok dijual dengan berbagai macam jenis bumbu sebagai pelengkapnya. Kalau biasanya berbumbu kacang, kali ini kita akan membuat dengan versi saus pedas yang simpel dan murah meriah.

Bermodalkan tepung kanji dan memanfaatkan beberapa bahan di rumah, berikut resep cilok saus pedas yang menggoyang lidah. Cocok banget disantap saat lagi di rumah sambil santai nonton film.

1. Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan SeadanyaTepung dalam toples (Pexels.com/Kaboompics .com)

Bahan cilok:

  • 200 gram tepung tapioka
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok makan bawang putih halus
  • 1 batang daun bawang
  • 1 bungkus penyedap rasa ayam
  • 300 ml air panas

Bahan saus pedas:

  • 5 sendok makan saus sambal
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok makan bubuk cabai kering instan

2. Campurkan tepung dengan beberapa bumbu

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan SeadanyaMembuat adonan cilok (Instagram.com/mawar.079)

Tuang dua tepung ke dalam wadah, lalu tambahkan penyedap rasa ayam dan bawang putih halus. Aduk-aduk menggunakan tangan agar semua tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Kemudian, tambahkan irisan daun bawang, aduk kembali sebentar.

Setelah itu, ambil air panas dan tuang pada tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan sendok. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal, ya. Usahakan adonan tidak terlalu lembek agar mudah dibentuk. 

3. Panaskan air rebusan dan bulatkan adonan

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan SeadanyaAdonan cilok (Instagram.com/lavaterakitchen)

Setelah adonan disiram air panas tercampur rata dan kalis, diamkan sejenak agar tangan tidak terlalu panas saat membentuknya. Panaskan air untuk merebus adonan cilok. Sembari menunggu air mendidih, bulatkan adonan cilok.

Selanjutnya, ambil kurang lebih satu sendok makan adonan, lalu taruh di telapak tangan. Bulatkan adonan sebesar jempol kaki atau sesuai selera. Pastikan besar adonan sama agar matangnya merata saat dimasak. Lakukan sampai semua adonan habis. 

Baca Juga: Resep Cilok Goang, Cilok Pedas dengan Kuah Segar Asal Tasikmalaya

4. Rebus cilok yang sudah dibentuk sampai matang

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan SeadanyaMerebus cilok (Instagram.com/evifrd17)

Setelah semua adonan selesai dibulatkan dan air mendidih, masukkan beberapa bulatan adonan sekaligus. Jangan terlalu banyak, pastikan ruang panci dan air cukup untuk menampung adonan dan tidak menyentuh dasar panci.

Kalau sudah, tutup panci saat merebus agar matang lebih cepat. Rebus sampai adonan mengapung dan berwarna bening. Apabila dirasa adonan cilok sudah matang, angkat dan tiriskan airnya. Lakukan sampai semua adonan habis, ya.

5. Sajikan cilok dengan saus pedas

Resep Cilok Saus Pedas, Ide Camilan Nikmat dari Bahan SeadanyaCilok pedas (Instagram.com/liem_julie)

Langkah terakhir adalah membuat saus pedasnya. Caranya mudah, cukup sediakan mangkuk dan campurkan semua bahan membuat saus yang tertera di atas. Apabila tidak suka terlalu pedas, kamu bisa mengurangi saus sambal dan bubuk cabainya.

Aduk-aduk semua campuran bahan sampai tercampur rata. Jika ingin sedikit encer, beri sedikit air. Sajikan cilok dengan saus pedas terpisah sebagai cocolan atau langsung dicampur saja, sesuai selera.

Cukup memanfaatkan bahan seadanya di rumah, kamu sudah bisa menikmati cilok saus pedas ini. Rasanya tidak kalah enak walaupun bumbunya sederhana. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Selamat mempraktikkan di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Pentol Cilok Sambal Mercon, Pedasnya Meledak di Mulut!

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya