Comscore Tracker

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Bukan hot chocolate biasa, lho

Saat ini, Indonesia sedang dilanda musim hujan yang menyebabkan suhu udara menjadi lebih dingin. Salah satu pilihan untuk menghangatkan tubuh adalah dengan minum minuman hangat. Seperti hot chocolate stick salah satunya.

Hot chocolate stick adalah cokelat yang diseduh bersama susu panas sehingga menjadi susu cokelat panas. Selain dinikmati bersama keluarga, hot chocolate stick juga cocok disuguhkan kepada tamu saat cuaca sedang dingin.

Mau tahu bagaimana cara pembuatannya? Simak bareng-bareng resepnya di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujanilustrasi bahan-bahan (youtube.com/pufflova)

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan berikut ini, ya!

  • 200 gr dark chocolate
  • 50 gr white chocolate
  • 40 gr gula tepung
  • 15 gr cocoa powder
  • Sejumput garam
  • 300 ml susu UHT
  • Marshmallow
  • Kacang
  • Sprinkle

2. Lelehkan cokelat

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujanilustrasi melelehkan cokelat (youtube.com/pufflova)

Potong kecil-kecil dark chocolate dan white chocolate agar lebih mudah dilelehkan. Setelah itu, masukkan ke dalam mangkok aluminium. Didihkan air, lalu letakkan wadah cokelat di atas air mendidih.

Setelah 10 menit, aduk cokelat hingga benar-benar meleleh. Masukkan cocoa powder yang telah diayak, kemudian aduk hingga tidak ada gumpalan. Selanjutnya masukkan gula halus, lalu aduk kembali.

Baca Juga: 10 Topping Hot Chocolate Paling Favorit, Minuman Nikmat Saat Hujan

3. Masukkan cokelat ke dalam cetakan

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujanilustrasi memasukkan cokelat ke cetakan (youtube.com/pufflova)

Masukkan cokelat ke dalam piping bag. Setelah itu, siapkan cetakan es kecil-kecil. Direkomendasikan menggunakan cetakan silikon agar lebih mudah dikeluarkan nantinya.

Kemudian, tuang cokelat ke dalam cetakan. Lakukan hal yang sama hingga cokelatnya habis. 

4. Beri topping

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujanilustrasi memberi topping (youtube.com/pufflova)

Beri topping mashmallow, lalu tancapkan stik es krim di tengah-tengah cokelat. Masukkan ke dalam kulkas hingga cokelatnya mengeras. Lalu, sangrai kacang selama 10 menit sambil diaduk.

Setelah itu, kupas kulitnya. Haluskan kacang dengan cara di blender atau ditumbuk. Jika cokelat sudah mengeras, keluarkan dari cetakan. Siapkan wajan yang telah dipanaskan, kemudian lelehkan bagian bawah cokelat agar kacang dan sprinkle dapat menempel.

5. Siap disajikan bersama susu panas

Resep Hot Chocolate Stick, Cocok Dinikmati saat Musim Hujanilustrasi hot chocolate stick dicampur susu panas (youtube.com/pufflova)

Siapkan susu UHT yang masih panas. Kemudian, masukkan stik cokelat ke dalam susu.

Aduk-aduk hingga cokelatnya meleleh. Bisa tambahkan marshmallow lebih banyak ke dalam susu agar tampilannya lebih menarik. Marshmallow yang lumer di dalam mulut bersama cokelat panas bikin rasanya semakin enak, lho. 

Itulah cara pembuatan hot chocolate stick yang cocok untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Mudah banget, bukan? Keluarga dan tamu di rumah kamu pasti bakalan suka banget dengan kudapan yang satu ini. Selamat berkreasi, ya!

Baca Juga: Resep Chocolate Martini Halal, Menu Minuman Segar Tanpa Alkohol

EL Photo Verified Writer EL

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya