Comscore Tracker

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! 

Ternyata kebiasaan kecil ini bisa memperbaiki kualitas tidur

Istilah “nyeker” alias berjalan tanpa alas kaki saat berada di luar ruangan tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Walaupun sering dipandang sebelah mata karena membuat kaki jadi kotor, ternyata kebiasaan ini punya sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Dilansir laman Healthline, berjalan tanpa alas kaki termasuk salah satu kegiatan grounding yang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh, khususnya anak-anak. Ini memungkinkan kita untuk terkoneksi dengan alam hingga dapat memulihkan sistem imun tubuh. 

Nah, untuk memahaminya secara lebih mendalam, berikut ini beberapa manfaat nyeker bagi kesehatan anak. Yuk, simak!

1. Memperbaiki suasana hati

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi anak (unsplash.com/ Thiago Cerqueira)

Pada kondisi tertentu, anak-anak mengalami fase tantrum karena mereka belum bisa mengontrol emosinya dengan baik. Ketika ini terjadi, mereka pun jadi lebih sensitif, mudah kesal, marah, dan bad mood. 

Penelitian yang dilakukan oleh Chevalier yang berjudul "The Effect of Grounding the Human Body on Mood" tahun 2015 membuktikan bahwa melakukan kontak langsung dengan bumi—salah satunya nyeker—ternyata dapat memperbaiki mood. Bahkan, dampak yang dirasakan lebih baik jika dibanding dengan melakukan relaksasi seorang diri. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga dapat membantu mengurangi kelelahan, stres, depresi, dan rasa sakit.

2. Baik untuk kesehatan jantung

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi berjalan (unsplash.com/ Patricia Prudente)

Dari segi kesehatan fisik, penelitian yang dilakukan sejumlah ahli menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki atau grounding punya dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Mengutip laman Moms, para peneliti mengukur aliran sel darah merah sebelum dan setelah grounding therapy. Hasilnya, aktivitas tersebut terbukti menurunkan penggumpalan sel darah merah secara signifikan.

Penggumpalan darah sendiri dapat mengganggu laju aliran darah dan pada taraf tertentu dapat mengakibatkan stroke atau serangan jantung. Dengan berjalan tanpa alas kaki, secara tidak langsung turut mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung sedari dini.

3. Meningkatkan kualitas tidur

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi anak tidur (unsplash.com/Igordoon Primus)

Pada kondisi-kondisi tertentu, sering dijumpai saat di mana anak-anak terbangun pada malam hari dan mengalami kesulitan tidur nyenyak. Padahal memperoleh tidur yang cukup sangat krusial di masa pertumbuhan. Sebab, hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang anak serta fokus dan level energinya. 

Dilansir Better Earthing, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat menjadi salah satu solusinya. Sebab, kegiatan ini mampu menormalkan pola tidur anak dan siklus bangun-tidur pada siang dan malam hari. Selain itu, gangguan tidur pun berkurang sehingga anak bisa terlelap lebih nyenyak.

Baca Juga: 6 Hal yang Mengganggu Kesehatan Jantung, Apa Saja?

4. Menetralkan radikal bebas

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi anak berjalan (unsplash.com/Guillaume de Germain)

Setiap hari, tubuh manusia terus terkena paparan radikal bebas dari polusi kendaraan, asap rokok, dan asap pabrik. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih sangat rentan. Terlebih, dilansir Eco Explorers, radikal bebas dapat menyebabkan inflamasi yang berkaitan dengan munculnya rasa sakit, sulit tidur, kelainan autoimun, bahkan penyakit kronis. 

Ternyata, bumi diketahui memiliki sejumlah elektron negatif yang dapat mengontrol radikal bebas. Untuk mendapatkannya, kita bisa mulai mempraktikkan kebiasaan berjalan tanpa alas kaki pada anak-anak. Dengan begitu, tubuh bisa terpapar elektron tersebut. 

5. Menguatkan sendi dan otot

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi anak berjalan (unsplash.com/David Brooke Martin)

Selain dapat meningkatkan mood, berjalan tanpa alas kaki juga berdampak baik bagi sistem gerak anak. Mengutip Eco Explorers, kebiasaan ini dapat menguatkan otot kaki, meningkatkan keseimbangan dan postur, serta meningkatkan keselarasan otot. 

Dengan menguatnya sendi dan otot, maka risiko terjadinya cedera bisa diminimalkan. Hal ini tentu penting karena anak-anak yang berada pada masa emas pertumbuhan biasanya sangat aktif dan rentan mengalami cedera.

6. Menumbuhkan kecintaan terhadap alam

6 Manfaat 'Nyeker' bagi Anak-Anak, Tidur Si Kecil Makin Nyenyak! ilustrasi anak (unsplash.com/Luke Michael)

Kecintaan pada alam perlu ditumbuhkan sejak dini mengingat anak-anak adalah sosok yang akan menjadi penjaga bumi berikutnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan anak untuk berada di lingkungan terbuka.

Dengan melakukan aktivitas nyeker, anak-anak dapat terkoneksi langsung dengan alam. Mereka bisa merasakan sensasi unik saat berjalan di atas rumput atau tanah sembari menikmati keindahan alam. Anak-anak menjadi lebih mengenal dan merasa dekat dengan alam sekitar.

Bila dilihat sekilas, nyeker kelihatannya mungkin sederhana, tapi ternyata manfaat yang diperoleh cukup besar, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Jadi gak ada salahnya untuk membiarkan anak-anak sesekali nyeker di luar rumah.

Namun, jangan lupa untuk membiasakan mencuci kaki setelah bermain di luar. dengan begitu, kebersihan tubuh tetap terjaga dan anak terhindar dari kuman penyebab penyakit.

Baca Juga: Di Balik Manisnya, Ini 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Kita!

Abinaya Photo Verified Writer Abinaya

An ordinary girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya