Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!

Hah, air putih dapat meracuni otak?

Kita selalu berpikir bahwa untuk membunuh seseorang dibutuhkan hal-hal yang ekstrem, seperti dijatuhkan dari ketinggian atau ditembak tepat di kepala. Memang itu secara logika akan membunuh seseorang, hanya saja sebenarnya hal-hal kecil yang kita lakukan juga mampu membunuh kita sendiri. Tidak percaya? Dilansir dari berbagai sumber, coba saja cari tahu lebih lanjut di sini!

1. Kopi bisa berdampak langsung ke jantung

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/nate_dumlao

Tujuh puluh gelas kopi memiliki cukup kafein untuk membunuh seseorang dengan bobot minimal 70 kg. Banyaknya kafein tersebut akan memicu papitasi jantung dan juga gagal jantung. 

2. Alkohol sangat berefek ke otak, yang berlanjut pada jantung dan pernafasan

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/kc_gertenbach

Tiga belas gelas kecil sloki berisikan alkohol mampu membunuhmu, jika kamu meminumnya secara beruntun. Alkohol adalah depresan, zat kimia untuk mengurangi depresi, yang membuat otakmu menjadi lebih santai. Dengan banyaknya alkohol, otakmu tidak akan santai lagi, melainkan malah terganggu, di mana itu akan berefek dalam pengaturan detak jantung dan pernapasanmu. 

3. Air putih bisa mempengaruhi otak juga

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/seankkkkkkkkkkkkkk

Terlalu banyak air putih yang kamu minum juga mampu membunuhmu. Air putih sebanyak enam liter mampu meracuni otakmu hingga membuat otak bengkak, membuatmu merasakan sakit kepala, kejang-kejang, koma, bahkan kematian untuk kasus yang lebih ekstrem.

4. Garam mampu sangat mempengaruhi kondisi tubuhmu

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/miroslava

Terlalu banyak garam akan membuat selmu menyusut. Penyusutan sel akan membuatmu merasakan kondisi bernama hypernatremia, suatu kondisi di mana kandungan garam di tubuhmu terlalu tinggi. Umumnya dikarenakan kurang minum air. Coba saja kamu cicipi 48 sendok teh bumbu masakan sekaligus, beruntung jika kamu tidak berakhir di rumah sakit. 

5. Kekurangan oksigen itu ada batasannya

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/nonsapvisuals

Kamu hanya membutuhkan waktu 4-6 menit tanpa oksigen untuk membunuh seseorang. Ketidakadaan oksigen selama empat menit akan membuat kerusakan otak, sedangkan enam menit akan membuatmu mati. Jika kamu celupkan kepalamu di air selama enam menit, nyawamu akan jadi bayarannya. Namun untuk beberapa orang, mereka mampu bertahan mencapai lebih dari enam menit. Rekor dunia terlama bertahan tanpa bernafas adalah 20 menit.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Sering Begadang Ternyata Tingkatkan Risiko Kematian

6. Buah ceri memiliki kandungan sianida yang bisa berdampak fatal

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/joannakosinska

Apakah kamu tahu kalau buah ceri dapat membunuhmu? Jika kamu memakan buah ceri yang impor, kamu akan menemui biji di tengahnya. Biji tersebut dapat mengambil oksigen yang ada di tubuhmu, jika kamu memakan dengan menggigitnya. Paling tidak sebanyak satu atau dua genggam biji ceri tersebut akan meracuni dan membunuhmu dengan cyanide, alias kandungan sianidanya.

7. Tubuh tinggi akan sangat mempengaruhi metabolisme tubuhmu

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!ffemagazine.com

Kita bisa jadi selalu mengeluh jika tubuh kita pendek. Namun sebenarnya tubuh yang tinggi (terlalu tinggi) malahan akan membunuhmu. Robert Pershing Wadlow yang hidup di era 30an dan memiliki tingggi 2,72 meter, meninggal di usia muda, yaitu 22 tahun.

Menurut peneliti, kematiannya dikarenakan terganggunya peredaran darah dan tekanan kuat di tulangnya. Peneliti sampai membuat sebuah hipotesis bahwa setiap inci di atas 152 cm akan mengurangi nyawamu sebanyak 1,3 tahun.

8. Coklat tidak hanya bisa memabukkan, tapi juga bisa mematikan

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/foodess

Pernah dengar saran untuk tidak memberi anjingmu coklat karena dapat membunuh? Itu juga berlaku untuk manusia. Sebanyak 85 batang coklat yang langsung dimakan sekaligus akan meracuni sekaligus membunuhmu. Dampaknya terjadi melalui kandungan bernama theobromine. Bukan hal yang mengagetkan jika kamu pernah mabuk coklat.

9. Marijuana dalam jumlah sangat banyak itu juga berbahaya untuk dirimu

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/replicantman

Pernahkah kamu terlibat perdebatan dengan siapapun bahwa marijuana tidak bisa membunuh seseorang? Yah, mereka hampir benar, karena meskipun bisa, dibutuhkan jumlah yang sangat besar untuk dapat tergolong mematikan. Kamu perlu memakan 22 ribu gram bahan hijau ini atau asap sebanyak 680 ribu gram dalam 15 menit agar dapat membunuhmu.

10. Musik yang terlalu keras bahkan bisa fatal untuk paru-paru dan jantungmu

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/rexcuando

Bagi pecinta musik, jangan pernah memutar musikmu dengan volume keras. Musik yang suaranya melebihi 185 desibel akan membunuhmu, dengan tekanan udara yang menyerang langsung paru-parumu dan bahkan menghantarkan embolism ke jantungmu. Hal tersebut akan membuatmu terkena serangan jantung seketika. 

11. Tidak tidur

Hati-hati Saja, 11 Hal Sepele Ini Secara Medis Mampu Membunuhmu!unsplash.com/nate_dumlao

Begadang atau bahkan tidak tidur juga mampu membunuhmu melalui serangan jantung. Menurut hasil penelitian, seekor tikus mampu bertahan selama dua minggu tanpa tidur, sebelum akhirnya sekarat. Untuk manusia sendiri, rekor paling lama tidak tidur adalah 11 hari. Namun belum diketahui efek setelah pemecahan rekor tersebut, karena belum pernah ada yang mendokumentasikannya. 

Sudah tahukan hal-hal "sepele" apa saja yang berbahaya? Nah, sekarang jangan berlebihan dalam makan, minum atau apapun itu, daripada ajal menjemputmu hanya karena kecerobohan.

Baca Juga: Waspadai Sejak Dini, 7 Penyebab Timbulnya Kanker Pankreas

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You