Comscore Tracker

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannya

Ada benarnya, ada salahnya

Kamu pasti pernah mendengar siklus tujuh tahun yang mengindikasikan manusia akan berubah sepenuhnya tiap tujuh tahun. Coba tebak, ilmu ilmiah dan kedokteran menolak teori tersebut dan menganggap teori itu hanya mitos belaka. Jawabannya mudah: itu dikarenakan tubuh manusia, atau lebih tepatnya tubuh makhluk hidup, sebenarnya berubah terus tiap harinya.

Hipotesis paling umum mengenai proses perubahan, penuaan, dan evolusi adalah hasil dari perubahan yang terjadi pada sel kita. Rumit untuk menerangkannya secara rinci, namun kurang lebih berikut ini penjelasan mengenai perubahan yang terjadi pada tubuh kita.

1. Perubahan yang terjadi pada tubuh disebabkan adanya perubahan pada sel

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyamommyswall.com

Untuk memahami bagaimana kita bisa berubah, hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah memahami sel itu sendiri. Tubuh kita mampu menciptakan sel baru dengan beberapa cara: mitosis (proses pemisahan sel) dan sel baru dari sel induk. Untuk mengontrol pertumbuhan sel tersebut, tubuh secara spontan membunuh sel-sel tua karena jika tidak tubuhmu juga akan tumbuh tidak terkontrol.

2. Pergantian sel terjadi hampir setiap hari

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyascience.howstuffworks.com

Artikel curiosity.com menuliskan bahwa sel terbarukan setiap hari dan setiap sel memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Sebagai contoh sel di dalam perut diperbarui setiap dua hari, sedangkan sel kulit berganti setiap dua hingga tiga minggu. Ada pula umur sel yang sama tuanya dengan dirimu. Contohnya adalah sel otak. Sel otak tidak beregenerasi mengikuti umurmu dan sel di lensa matamu akan tetap seperti sepanjang hidupmu.

3. Perubahan sel menunjukkan kamu berubah setiap waktu, namun tidak sepenuhnya

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyaopendoorz.biz

Rudolf Steiner, pencetus teori siklus tujuh tahun, mempercayai jika kamu sepenuhnya berubah setiap tujuh tahun. Fakta kesehatannya tidak demikian. Dengan adanya sel yang tidak pernah berubah sama sekali, itu mengindikasikan kalau ada bagian dari dirimu yang tidak berubah. Kamu tetap memiliki bagian kamu yang dahulu.

Baca Juga: Setiap 7 Tahun Kamu Berubah dan Evolusi Ini Pasti Terjadi Padamu

4. Pembaharuan sel sepenuhnya terjadi setidaknya tujuh hingga 10 tahun

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyadirtypearlsblog.com

Howstuffworks.com turut membahas isu siklus tujuh tahun ini. Dalam artikelnya, mereka tidak menyangkal adanya pembaharuan sel tiap tujuh tahun berdasarkan penelitian Jonas Frisen.

Hanya saja jika terbilang tepat tujuh tahun, hal itu kurang pas karena faktanya sebagian besar sel tubuh digantikan sepenuhnya dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh tahun. Bahkan beberapa organ di antaranya jauh lebih cepat daripada waktu tersebut.

5. Hasilnya tiap organ memiliki umur yang berbeda-beda

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyapritikin.com

Ada satu artikel menarik dari dailymail.co.uk yang mencoba membongkar umur tiap organ yang kita miliki. Hasilnya berbeda-beda dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi, mulai dari umur responden hingga gaya hidupnya.

Sebagai contoh wanita berumur 43 tahun yang tidak merokok memiliki paru-paru yang diperkirakan berumur 55 tahun. Sedangkan pria yang berumur 61 tahun, tidak merokok dan juga berolahraga memiliki paru-paru berumur 63 tahun.

6. Masalah perubahan tidak hanya menyangkut pada fisik, tetapi juga mental

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyacoffeewiththelord.com

Scientificamerican.com menuliskan jika ada sebuah studi yang berhasil membantu seseorang yang mengalami gangguan mental dengan mengubah selnya. Teknik ini dipergunakan kepada penderita bipolar dan memang didapatkan adanya perbedaan hasil. Hal ini mengindikasikan bagaimana sel di tubuh kita sedikit banyak mempengaruhi keadaan mental kita.

7. Kesimpulannya siklus tujuh tahun tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah

Benarkah Tubuhmu Sepenuhnya Berubah Tiap 7 Tahun? Pahami Penjelasannyathoughtco.com

Secara keseluruhan teori yang diajukan oleh Steiner tidaklah benar sepenuhnya karena tidak seluruh organ kita yang benar-benar berubah setiap tujuh tahun. Seberubah-berubahnya kamu, tetap ada sisimu yang berasal dari masa lalu. Jadi santai saja jika ada yang merasa kamu sepenuhnya berubah karena kenyataannya tidak demikian.

Bagaimana? Sudah jelas bukan mengenai teori perubahan tubuh yang terjadi setiap tujuh tahun? Berdasarkan hal ini, kamu berada di sisi mana? Yang mempercayai atau tidak percaya? Apapun pilihanmu selalu ingat untuk jaga kesehatan.

Baca Juga: 7 Perubahan pada Tubuh Wanita Ketika Memasuki Usia 20 Tahun yang Wajar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You