Comscore Tracker

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celaka

Kalau salah, kamu bisa meninggal...

Pijat adalah sebuah praktik kesehatan yang sering dilakukan orang-orang untuk mengurangi rasa pegal, lelah dan otot yang kaku. Salah satu jurnal NCBI mendeskripsikan pijat sebagai manipulasi sentuhan sistematis yang dilakukan pada jaringan lembut tubuh demi memberikan kenyamanan dan kesehatan. Praktik ini diminati oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Walaupun ini praktik yang mempromosikan kesehatan, pada kenyataannya beberapa kasus pijat malahan memakan korban. Bukan lagi membuat kelumpuhan, melainkan kematian. Salah satu contoh kasus nyata yang terjadi adalah di Thailand pada 2018. Diberitakan oleh The Thaiger, korban yang meninggal disebabkan karena pembuluh darah yang pecah setelah melakukan pijat.

Inilah alasan mengapa seorang pemijat harus memiliki sertifikat yang meyakinkan dirinya profesional dan paham dengan tubuh manusia. Itu karena ada beberapa bagian tubuh yang sangat berbahaya untuk dipijat dan bisa fatal akibatnya jika salah melakukan pijatan. Berikut ini beberapa area tubuh yang sebaiknya dihindari.

1. Leher bagian depan atau tenggorokan

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakabritannica.com

Selain sebagai area masuknya makanan, ternyata bagian depan leher tersebut memiliki banyak pembuluh darah sekaligus sistem saraf. Dilansir dari Britannica, setidaknya ada tujuh pembuluh dan tiga sistem saraf di bagian tersebut.

2. Cekungan leher

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakapsychologytoday.com

Bagian ini terdapat di area belakang rahang dan bawah telinga. Daerah cekungan leher ini memiliki banyak sistem saraf yang berhubungan dengan wajah. Sangat disarankan untuk menyentuhnya.

3. Bola mata

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakaunsplash.com

Vision Eye Institute menuliskan menggosok mata saja sudah cukup berbahaya bagi penglihatan, apalagi jika menekannya. Memang orang-orang menyarankan sedikit menekan bola mata sebagai pijatan untuk relaksasi, tetapi bukan berarti bola matamu bisa ditekan oleh orang lain. Jika ingin dipijat, ada baiknya kamu memijatnya sendiri.

4. Ketiak

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakaquora.com

Area ini juga memiliki banyak sistem saraf serta pembuluh darah. Salah menekannya bisa berakibat terjadinya kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh. Itu bisa tampak dari kesensitifan ketiak ketika dipegang. Bukankah kamu merasa geli, walaupun itu hanya berupa sentuhan saja?

5. Perut

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakababycentre.co.uk

Alasan yang membuat perut sebaiknya tidak dipijat adalah karena keberadaan organ dalam. Di area tersebut, tersimpan banyak sekali organ yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Mulai dari usus besar, lambung, hati, empedu, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Kondisi Kesehatan yang Membuatmu Tidak Boleh Pijat, Jangan Dipaksa!

6. Punggung bagian bawah

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakahealthline.com

Menekannya terlalu keras bisa merusak ginjal orang yang sedang dipijat, terlebih jika itu adalah area samping pinggang karena di situlah letak ginjal. Selain itu tulang punggung juga dipenuhi dengan sistem saraf sehingga sekalinya melakukan kesalahan, saraf seseorang bisa langsung bermasalah semua.

7. Pangkal paha

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakabodyprox.com

Di bagian ini ada area dengan bentuk segitiga yang memiliki banyak pembuluh darah. Menekannya melalui pijatan bisa menyebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah.

8. Lengan dalam (di antara bicep dan tricep)

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakaglobomd.com

Area lengan ini juga memiliki banyak sistem saraf serta pembuluh darah. Sistem saraf tersebut memanjang dari lengan atas sampai ke lengan bawah.

9. Ujung siku

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakaverywellhealth.com

Tampak seperti tulang, namun sebenarnya area ini dikelilingi oleh banyak saraf. Saraf tersebut bernama saraf ulnar. Saraf inilah yang berfungsi untuk menggerakkan jari kelingkingmu hingga jari manis.

10. Bagian belakang lutut

Hindari 10 Bagian Tubuh Ini ketika Dipijat agar Kamu Tidak Celakaverywellhealth.com

Struktur area ini lembut dan punya banyak pembuluh darah serta sistem saraf yang terhubung dengan bagian lutut lainnya. Oleh karena itu, gangguan di lutut bisa menyebabkan lutut bagian belakang terasa nyeri.

Memang pijat terasa sangat mengenakkan, terlebih ketika tubuh ini terasa pegal. Akan tetapi jika tidak berhati-hati, pijatan tersebut bisa menimbulkan banyak masalah ke tubuhmu. Jika tukang pijatmu akan menekan area-area ini, segeralah untuk melarangnya. Lebih baik menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Terapi Pijat, Lebih dari Sekadar Relaksasi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya