Comscore Tracker

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarang

Semuanya berubah, sejak kita mengalami evolusi

Tuhan menciptakan manusia apa adanya. Tidak ada satupun organ yang kita miliki tidak memiliki fungsi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tubuh kita juga mengalami evolusi, menanggalkan beberapa organ menjadi tidak berguna karena kondisi lingkungan yang tak lagi menuntut. Hasilnya terkadang organ-organ tersebut malah menyusahkan hidup kita, manusia modern. Berikut adalah kumpulan organ yang sekiranya tak lagi kita butuhkan.

1. Tulang ekor

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangspineuniverse.com

Evolusi manusia membuat mereka perlahan-lahan tidak memerlukan lagi ekor untuk memanjat maupun menjaga keseimbangan. Dalam kurun waktu lima hingga delapan minggu setelah pembuahan, embrio manusia sepertinya mengembangkan sesuatu yang serupa ekor di dalam rahim, tetapi setelah mereka lahir bagian tersebur diserap menjadi tulang belakang.

2. Puting pria

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangunsplash.com/rawpixel

Secara esensial, pria memiliki puting lantaran saat masih menjadi janin, mereka memiliki kemungkinan untuk menjadi seorang wanita. Secara perkembangan pria dan wanita berkembang dengan cara yang sama untuk 60 hari pertama di dalam rahim. Untuk mereka yang memiliki kromosom Y, testoteron akan beraksi yang mana menyebabkan terjadinya perkembangan organ seksualitas pria ketimbang wanita.

3. Gigi bungsu

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangmetafilter.com

Dari waktu ke waktu rahang manusia semakin mengecil dengan alasan makanan saat ini saatlah mudah dikunyah sehingga melemahkan rahang. Sebagai gantinya gigi bungsu kita tak lagi muat dalam mulut.

Faktanya satu dari lima manusia di dunia ini mengalami kasus kepadatan gigi. Dalam kasus tersebut, seseorang harus melalui operasi untuk dicabut atau menyobek sedikit area rahang untuk dapat membiarkan pertumbuhan gigi bungsu.

Baca Juga: Wah, Ternyata Manusia Masih Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Ini Lho!

4. Bulu kuduk

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangunsplash.com/aloragriffiths

Nenek moyang kita memiliki banyak sekali rambut di tubuh sekaligus bulu kuduk untuk mendukung mereka tampak lebih besar untuk menakuti predator yang ada. Bulu kuduk itu juga berguna untuk menghangatkan tubuh ketika kedinginan yang sayangnya suhu dunia tak lagi serendah dulu.

5. Kelopak mata ketiga

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangreddit.com

Di bagian pojok matamu dekat dengan hidungmu, terdapat lekukan kulit kecil yang saat ini tidak perlu ada lagi kita miliki. Organ tersebut bernama plica semilunaris.

Untuk burung dan reptil, kelopak mata ketiga yang mereka miliki bisa digunakan untuk melindunga mata mereka atau berguna untuk tetap melembapkan matanya sembari tetap melihat.

6. Reflek menggenggam

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangunsplash.com/freestocks

Apakah kamu pernah menyentuh tangan adik bayi yang baru saja lahir? Bukankah dia selalu menggenggam erat apapun yang disentuhnya? Secara teori evolusi, gerak tersebut merupakan kemampuan bayi untuk tetap bersama induknya.

Jika kita manusia memiliki bulu yang banyak layaknya primata lain, sang bayi dapat menggenggam erat sang induk sehingga tak dapat terjatuh. Sayangnya, sekarang kita manusia tidak memiliki banyak bulu.

7. Telinga (tepatnya beberapa bagiannya)

Sebenarnya Kamu Sudah Tidak Perlu 7 Bagian Tubuh Ini Lagi Sekarangunsplash.com/flaviajessica

Sangat jelas kalau telinga sangat berperan penting untuk kita, namun bagian-bagian inilah yang tidak terlalu dibutuhkan. Namanya otot auriculares. Otot ini membuat kita dapat menggerakkan telinga.

Fungsi otot ini pada jaman dahulu untuk membuat kita lebih peka mendengar suara sekitar, layaknya hewan-hewan agar terhindar dari marabahaya. Namun, sekarang tidak diperlukan lagi karena manusia kebanyakan sudah hidup di kota atau pemukiman yang mana jarang ada ancaman hewan buas.

Apakah kalian setuju dengan daftar ini? Menurutmu bagian mana lagi yang tak kita sebagai manusia perlukan? Berikan komentarmu di kolom yang tersedia ya.

Baca Juga: 8 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Saat Mandi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You