Comscore Tracker

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!

Salah satunya adalah stroke

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tidak bisa diremehkan. Gangguan kesehatan yang sering kali membuat seseorang merasa pusing itu dapat menyebabkan penyakit serta isu kesehatan lainnya yang mana itu berbahaya dan dapat mengancam nyawa seseorang. Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi.

1. Aneurysm

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!stormanesthesia.com

Berlangsung dalam waktu lama, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arteri melemah dan dindingnya melebar, menyebabkan adanya tonjolan. Kasus ini dinamakan aneurysm atau aneurisma, dan dapat menyebabkan pendarahan dalam yang mengancam nyawa. Aneurysm bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi paling umum ditemui di area aorta.

2. Gagal jantung

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!medicalnewstoday.com

Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung menegang dan pada akhirnya membuat otot jantung melemah dan berfungsi kurang efisien. Mulai dari situ, perlahan-lahan jantungmu mulai tidak bisa melakukan tugasnya.

3. Penyakit arteri koroner

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!impella.com

Penyakit arteri koroner mempengaruhi arteri yang memenuhi kebutuhan darah untuk otot jantung. Akibat penyakit ini, arteri menyempit dan tidak dapat menyalurkan darah dengan lancar. Dengan kondisi ini kamu dapat merasakan rasa sakit di dada, serangan jantung atau ritme jantung yang tidak teratur.

4. Stroke

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!baycare.net

Stroke terjadi ketika otakmu kekurangan oksigen dan nutrisi hingga menyebabkan sel otak mati. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke dengan cara melukai dan melemahkan pembuluh darah di otak. Tekanan darah tinggi juga menyebabkan penggumpalan darah di arteri yang dapat menuju ke otak dan memblokir jalur aliran darah yang mana bisa berujung ke stroke.

5. Dementia

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!health.harvard.edu

Dementia merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan sang penderitanya susah berpikir, berbicara, mengingat, melihat hingga bergerak. Salah satu penyebab dementia adalah penyempitan dan penyumbatan darah di arteri yang menyuplai darah ke otak.

Baca Juga: Lakukan 8 Kebiasaan Praktis Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah

6. Gagal ginjal

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!theconversation.com

Salah satu alasan paling umum penyebab gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi. Kondisi tekanan darah tersebut dapat melukai arteri yang menuju ginjal serta pembuluh darah yang ada di area ginjal. Dengan hal tersebut, ginjalmu tidak akan bisa menyaring darah secara efektif hingga membuat adanya akumulasi cairan dan limbah dalam tubuh.

7. Retinopati

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!dlife.com

Tekanan darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah yang ada di mata dan menyebabkan retinopati. Itu adalah kondisi di mana ada pendarahan di mata hingga menyebabkan penglihatan yang tidak jelas atau bahkan kebutaan. Kemungkinan besar terkena retinopati lebih tinggi jika mendapatkan diabetes dan juga tekanan darah tinggi.

8. Koroidopati

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!subsafeaudio.com

Dalam kondisi ini, terdapat cairan yang terkumpul di belakang mata diakibatkan kebocoran darah karena tekanan darah tinggi. Kebocoran darah itu terletak di bawah retina sehingga dapat menyebabkan penglihatan yang mengabur atau bahkan menyebabkan penglihatan yang tidak seimbang.

9. Disfungsi seksual

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!medicalnewstoday.com

Untuk pria, tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan kesusahan untuk mendapatkan sekaligus mempertahankan ereksi alias disfungsi ereksi. Sedangkan untuk wanita, tekanan darah tinggi dapat menurunkan gairah seks, vagina mengering, atau susah mendapatkan orgasme.

10. Osteoporosis

10 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Tekanan Darah Tinggi, Waspadai ya!medicalnewstoday.com

Tekanan darah tinggi turut meningkatkan jumlah kandungan kalsium yang terkandung di urine. Jika berlangsung berulang kali, hal tersebut dapat berujung ke osteoporosis dan tulang yang rusak. Risiko terkena hal ini menjadi lebih besar, khususnya untuk wanita berumur.

Jangan pernah membiarkan tekanan darah tinggi. Jika kamu merasa mendapatkan sakit kepala berlebih dan mendapati tingkat tekanan darah yang tinggi ketika diperiksa, segeralah tangani dan jangan sampai memperolehnya kembali. Kamu tidak mau menyesal karena penyakit ini.

Baca Juga: 8 Fakta Soal Duduk Menyilangkan Kaki, Awas Bahaya Tekanan Darah Naik!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya